Pengaruh DER, PER, dan ROI terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perindustrian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016-2019

Sari, Ayu Sartika Wulan (2021) Pengaruh DER, PER, dan ROI terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perindustrian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717069_Ayu Sartika Wulan Sari_Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wulan Sari, Ayu Sartika. Pengaruh DER, PER, dan ROI terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Perindustrian yang Terdaftar Di BEI Tahun 2016-2019. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Ely Masykuroh, SE, MSI.
Kata kunci: DER, PER, ROI
Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan suatu perusahaan dan terkait erat dengan harga sahamnya. Untuk itu, pergerakan harga saham yang terjadi di BEI menjadi perhatian utama bagi para investor guna menganalisis kinerja masing-masing perusahan melalui analisis laporan keuangan. Secara teori, nilai DER yang meningkat maka harga saham akan turun. Sebaliknya jika nilai PER dan ROI yang meningkat, maka harga saham akan naik. Namun, data yang digunakan dalam penelitian ini menunjukkan adanya ketimpangan antara teori dan data. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh DER, PER, dan ROI terhadap harga saham sektor perindustrian, baik pengaruh parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah sekunder, dan merupakan data panel yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2019. Populasi sebanyak 50 perusahaan dan di peroleh sampel sebanyak 14 perusahaan. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel yang sebelumnya telah melalui pengujian tahapan metode estimasi data panel, pemilihan model regresi data panel, uji asumsi klasik dan uji signifikansi dengan menggunaan software Eviews 1.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Variabel DER secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham. 2) Variabel PER secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Harga Saham. 3) Variabel ROI secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Harga Saham. 4) Pengujian secara simultan variabel DER, PER, dan ROI secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Oct 2021 01:20
Last Modified: 13 Oct 2021 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16058

Actions (login required)

View Item View Item