PENGARUH PRODUK DOMESTIK BRUTO DAN BAGI HASIL TERHADAP DANA PIHAK KETIGA DENGAN METODE ERROR CORRECTION MODEL PADA BANK MUAMALAT INDONESIA PERIODE MARET 2013 – MARET 2021

Sholikah, Siti Himatus (2021) PENGARUH PRODUK DOMESTIK BRUTO DAN BAGI HASIL TERHADAP DANA PIHAK KETIGA DENGAN METODE ERROR CORRECTION MODEL PADA BANK MUAMALAT INDONESIA PERIODE MARET 2013 – MARET 2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SITI HIMATUS SHOLIKAH_210817049.pdf

Download (887kB) | Preview

Abstract

Sholikah, Siti Himatus. Pengaruh Produk Domestik Bruto dan Bagi Hasil Terhadap Dana Pihak Ketiga dengan Metode Error Correction Model Pada Bank Muamalat Indonesia Periode Maret 2013 - Maret 2021. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ika Susilawati, M.M.
Kata Kunci: PDB, Bagi Hasil, dan DPK.
Perubahan nilai PDB menunjukkan adanya perubahan dalam kegiatan ekonomi suatu negara. Hal ini berarti kenaikan PDB akan meningkatkan DPK Bank Syariah. Mengingat bank syariah memperoleh pendanaan dari pihak ketiga, maka tentu saja bank akan melakukan distribusi bagi hasil tersebut kepada pihak ketiga. Apabila tingkat bagi hasil yang diberikan bank syariah tinggi maka masyarakat akan cenderung mengoptimalkan dananya di bank syariah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui Pengaruh Produk Domestik Bruto dan Bagi Hasil Terhadap Dana Pihak Ketiga dengan Metode Error Correction Model Pada Bank Muamalat Indonesia Periode Maret 2013 – Maret 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif dengan pendekatan ECM (Error Correction Model). Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pada Bank Muamalat Indonesia, Sampel yang diambil berjumlah 33 dengan kriteria pembilihan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan Uji Stasioneritas Data, Uji Kointegrasi, Uji Asumsi Klasi, Uji Model Hubungan Jangka Pendek, Uji Model Hubungan Jangka Panjang, dan Uji Hipotesis.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa diketahui nilai signifikansi untuk PDB (0,0291 < 0,05), artinya PDB dalam jangka pendek berpengaruh signifikan terhadap DPK. Diketahui nilai signifikansi untuk PDB (0,0000 < 0,05), artinya PDB dalam jangka panjang berpengaruh signifikan terhadap DPK. Diketahui nilai signifikansi untuk bagi hasil (0,0270 < 0,05), artinya bagi hasil dalam jangka pendek berpengaruh signifikan terhadap DPK. Diketahui nilai signifikansi untuk bagi hasil (0,0079 < 0,05), artinya bagi hasil dalam jangka panjang berpengaruh signifikan terhadap DPK. Berdasarkan pengujian jangka pendek diperoleh hasil koefisien determinasi yang menunjukkan nilai Adjusted R-Square sebesar 0,365713 dengan menerima Ha5 yang artinya PDB dan bagi hasil dalam jangka pendek mempengaruhi DPK. Hasil uji koefisien determinasi jangka panjang menunjukkan nilai Adjusted R-Square sebesar 0,577521 yang artinya PDB dan bagi hasil dalam jangka panjang mempengaruhi DPK.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa: 1) Produk Domestik Bruto berpengaruh negatif signifikan terhadap Dana Pihak Ketiga baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 2) Bagi Hasil berpengaruh negatif signifikan terhadap Dana Pihak Ketiga baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 3) Produk Domestik Bruto dan Bagi Hasil secara simultan berpengaruh terhadap Dana Pihak Ketiga baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:29
Last Modified: 12 Oct 2021 04:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16053

Actions (login required)

View Item View Item