Strategi Pemberdayaan BMT La–Tansa Gontor Pada UMKM Di Kecamatan Mlarak

Prianto, Prianto (2021) Strategi Pemberdayaan BMT La–Tansa Gontor Pada UMKM Di Kecamatan Mlarak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717166_PRIANTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Prianto. Strategi Pemberdayaan BMT La–Tansa Gontor Pada Umkm Di Kecamatan Mlarak. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negri Ponorogo, Pembimbing: Mansur Azis M.S.I.

Kata kunci: BMT La-Tansa, Pemberdayaan, Nasabah.

Pemberdayaan menjadi hal yang penting dalam upaya mengantisipasi permasalahan kesenjangan sosial ekonomi masyarakat. Kesenjangan itu adalah akibat dari kepemilikan sumber daya produksi dan produktivitas yang tidak sama diantara pelaku ekonomi. Baitul mal wat tamwil adalah balai usaha mandiri terpadu yang isinya berintikan bayt al-mal wa al-tamwil dengan kegiatan mengembangkan usaha-usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas kegiatan ekonomi pengusaha kecil bawah dan kecil, oleh karena itu peran BMT dalam pemberdayaan UMKM sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pemberdayaan BMT La–Tansa Gontor Terhadap Umkm Di Kecamatan Mlarak beserta dampaknya. Permasalahan utama yang dihadapi oleh UMKM adalah permasalahan modal dan kualitas SDM yang lemah dalam mengelola usaha serta sifat yang unbankable. Dibutuhkan peran lembaga keuangan mikro syariah seperti BMT sebagai salah satu solusi dari permasalahan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan datanya adalah survey atau observasi, wawancara dan dokumentasi. dengan responden staf karyawan BMT La-Tansa dan beberapa anggota nasabah yang melakukan pembiayaan.
Hasil penelitian yaitu peranan pemberdayaan BMT La-Tansa Gontor belum maksimal, masih termasuk dalam tahap empowering, yang seharusnya bisa menjadi tahap protecting. Pada baitul maal seharusnya juga sudah sampai pada tahap pemberdayaan, tetapi BMT La-Tansa Gontor lebih fokus terhadap baitul tamwil. Kurang maksimalnya pemberdayaan ini disebabkan pergantian staf karyawan setiap tahunnya.
Dampak yang dihasilkan dari pemberdayaan BMT La-Tansa Gontor cukup positif bagi masyarakat sekitar khususnya anggota nasabah, mayoritas nasabah merasa terbantu dengan adanya pembiayaan dari BMT La-Tansa Gontor. Seperti meningkatnya jumlah aset dan bertambahnya jumlah UMKM di Kecamatan Mlarak dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Oct 2021 02:20
Last Modified: 12 Oct 2021 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16050

Actions (login required)

View Item View Item