Implementasi Fatwa MUI No.4 Tahun 2003 Tentang Standardisasi Fatwa Halal terhadap Pembuatan Produk Olahan Brem di Madiun (Studi Kasus di Industri Rumah Tangga Brem Suling Istimewa)

Nisaa, Maulidina Dwi Choirun (2021) Implementasi Fatwa MUI No.4 Tahun 2003 Tentang Standardisasi Fatwa Halal terhadap Pembuatan Produk Olahan Brem di Madiun (Studi Kasus di Industri Rumah Tangga Brem Suling Istimewa). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUBLIKASI 2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nisaa, Maulidina Dwi Choirun 2021. Implementasi Fatwa MUI No.4 Tahun 2003 Tentang Standardisasi Fatwa Halal Terhadap Pembuatan Produk Olahan Brem di Madiun (Studi Kasus di Industri Rumah Tangga Brem Suling Istimewa). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Hj. Atik Abidah, M.S.I.
Kata Kunci: Makanan Halal, Proses Pembuatan, Standar Kehalalan, Fatwa MUI
Industri Rumah Tangga Brem Suling Istimewa merupakan salah satu unit usaha yang bergerak dalam bidang produk olahan brem yang ada di Madiun.
Pada praktik pembuatan brem terdapat proses fermentasi tape ketan selama 7-8 hari lalu diambil airnya. Air yang diambil dari proses tersebut mengandung kadar alkohol tinggi mengingat proses fermentasinya memerlukan estimasi yang lama. Mengenai hal tersebut, kadar alkohol dalam air tape sudah tertera pada Fatwa MUI No.4 Tahun 2003 tentang Standardisasi Fatwa Halal yaitu tidak boleh melebihi 1% dan tidak boleh memabukkan. Selain itu, proses pembuatannya juga harus memperhatikan ketentuan-ketentuan yang ada dalam fatwa tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana implementasi Fatwa MUI No.4 Tahun 2003 Tentang Standardisasi Fatwa Halal terhadap proses pembuatan brem Industri Rumah Tangga Brem Suling Istimewa di Madiun, dan bagaimana implementasi Fatwa MUI No.4 Tahun 2003 Tentang Standardisasi Fatwa Halal terhadap standar kehalalan produk olahan brem Industri Rumah Tangga Brem Suling Istimewa di Madiun.
Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus) dan bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi terhadap proses pembuatan brem Industri Rumah Tangga Brem Suling Istimewa di Madiun sudah sesuai dengan ketentuan Fatwa MUI No.4 Tahun 2003. Bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan bersih dan halal tanpa ada kontaminasi silang dengan bahan atau sesuatu yang haram sehingga prosesnya sesuai dengan ketentuan fatwa. Adapun terkait dengan standar kehalalan produk olahan brem Industri Rumah Tangga Brem Suling Istimewa di Madiun, sudah sesuai dengan ketentuan fatwa. Hal itu dikarenakan, terdapat proses pemasakan dan pemambahan soda kue setelah proses fermentasi. Sehingga kadar alkohol dalam air tape yang semula sebesar 3,9% mengalami penyusutan menjadi 0,2% dengan bentuk brem padat dan menurut teori sadh al-dhari’ah, bahwa produk olahan brem memiliki sisi mas}lah}at dominan baik dari segi konsumtif, ekonomis, maupun sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:38
Last Modified: 11 Oct 2021 01:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16034

Actions (login required)

View Item View Item