...PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN DAN LENGKAPI DENGAN STEMPEL, UPLOAD ULANG)...Analisis Strategi Pemasaran Islam dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha di Allbe There Online Shop Ponorogo

Lasiyama, Mayasurru (2021) ...PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN DAN LENGKAPI DENGAN STEMPEL, UPLOAD ULANG)...Analisis Strategi Pemasaran Islam dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha di Allbe There Online Shop Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717237_Mayasurru Lasiyama_Ekonomi Syariah.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Abstrak
Lasiyama, Mayasurru. Analisis Strategi Pemasaran Islam dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha di Allbe There Online Shop Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Hj. Ely Masykuroh, SE., MSI.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Daya Saing.
Pemasaran syariah/Islam dijalankan berdasarkan konsep keislaman yang telah diajarkan Nabi Muhammad SAW. Dalam syariah marketing, bisnis yang disertai keikhlasan semata-mata hanya untuk mencari ridha Allah, maka transaksinyas in shaa Allah menjadi nilai ibadah dihadapan Allah SWT. Allbe There adalah online shop yang menggunakan strategi pemasaran Islam dalam usaha bisnisnya, dengan mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW. berharap usahanya dapat berjalan dengan lancar dan mendapat ridha Allah SWT. Namun, dari data yang di peroleh dari lokasi penelitian yaitu adanya ketidakberhasilan dalam melakukan usaha dengan bukti adanya banyak komplain dari pelanggan terkait produk yang dipasarkan dan juga rendahnya daya saing meskipun sudah melakukan strategi pemasaran yang baik yaitu konsep pemasaran syariah yang diajarkan oleh Nabi SAW. Penurunan daya saingnya dibuktikan dengan adanya penurunan pendapatan pada lima tahun terakhir sekitar 5-25%.
Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), yakni pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti guna mendapatkan data yang relevan. Dan menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif.
Dari hasil analisis dalam penelitian yang telah dijalankan, dapat disimpulkan bahwa: (1) strategi biaya rendah yang dilakukan Allbe There Online Shop Ponorogo belum mampu berhasil sehingga perlu adanya kekuatan-kekuatan atau daya saing seperti daya saing harga, daya saing kualitas, daya saing marketing, dan daya saing jaringan kerja (networking). (2) Dalam meningkatkan kualitas produk perlu adanya strategi lain yang digunakan yaitu meningkatkan kualitas pada semua fungsi bisnis yang optimal dengan cara memberi brand/merek, keistimewaan, jujur, manfaat, kemasan, dan pelayanan yang baik pada semua pelanggan. (3) Agar Allbe There bisa meningkatkan daya saingnya maka dalam membangun keunggulan bersaing perlu adanya strategi lain yang digunakan yaitu meniru praktik pemasaran Nabi SAW pada masa dagang yaitu dengan cara segmentasi dan targetting, positioning, strategi bauran pemasaran (marketing mix), fokus pada konsep harga, konsep promosi dan konsep distribusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:35
Last Modified: 11 Oct 2021 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16029

Actions (login required)

View Item View Item