Analisis Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun S Parman

Dewanti, Ihza Alfi (2021) Analisis Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun S Parman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817011_Ihza Alfi D_Etheses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dewanti, Ihza Alfi. Analisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun S Parman. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Yunaita Rahmawati, SE,M.Si., Ak.
Kata Kunci: Periklanan, Produk Fisik, Pembelian
Keputusan merupakan proses akhir dari seseorang setelah melakukan berbagai macam tahapan dari keputusan pembelian. Dalam proses keputusan menggunakan produk/ jasa perbankan syariah dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal, diantaranya promosi dan kualitas pelayanan. Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran berupa aktivitas untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk serta meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli serta loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Sedangkan kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan konsumen dan merupakan faktor pendorong dalam proses pembelian. Namun faktanya promosi dan kualitas pelayanan yang rendah tetapi nasabah tetap memutuskan menabung di Bank Syariah Indonesia KC Madiun S Parman.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 19.000 nasabah, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square (PLS), uji validitas convergen, uji validitas dan reliabilitas konstruk, uji significansi weight, uji multikolinieritas, uji t, uji R- Square, dan uji quality indexes. Dengan promosi dan kualitas pelayanan sebagai variabel eksogen dan keputusan nasabah menggunakan produk/ jasa perbankan syariah sebagai variabel endogen.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah menabung dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah menabung. Dimana nilai t-statistic konstruk promosi dan kualitas pelayanan diatas nilai ttabel yaitu 7,695 dan 2,116 > 1,96. Atau nilai Probability Values (Pvalues) konstruk promosi dan kualitas pelayanan bernilai kurang dari 0,05 yaitu 0,000 dan 0,031. Dengan nilai pengaruh konsruk promosi (X1) sebesar 63,6% dan pengaruh konstruk kualitas pelayanan (X2) terhadap keputusan nasabah menabung sebesar 23%. Selain itu dalam konstruk promosi indikator yang memiliki pengaruh paling besar adalah indikator promosi penjualan (Sales Promotion) yakni 85% dan dalam konstruk kualitas pelayanan indikator yang memiliki nilai pengaruh paling tinggi adalah indikator bukti fisik (tangiable) sebesar 92%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yunaita Rahmawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:41
Last Modified: 11 Oct 2021 01:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16028

Actions (login required)

View Item View Item