Pengaruh Investasi Dalam Negeri,Investasi Asing dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jawa Timur: Studi Pada 7 Kabupaten/Kota

Sari, Hesti Novita (2021) Pengaruh Investasi Dalam Negeri,Investasi Asing dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jawa Timur: Studi Pada 7 Kabupaten/Kota. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717209_Hesti Novita Sari-etheses A4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sari, Hesti Novita. Pengaruh Investasi Dalam Negeri, Investasi Asing dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jawa Timur: Studi pada 7 Kabupaten/Kota. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Yunaita Rahmawati, SE., M.Si., AK.

Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Investasi Dalam Negeri, Investasi Asing dan Tenaga Kerja.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaan hasil penelitian (Research Gap) tentang pengaruh investasi dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah. Secara teoritis tingkat investasi dan tenaga kerja berkorelasi positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti kembali tentang pengaruh investasi dalam negeri, investasi asing dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari BPS dan DPM PTSP Provinsi Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah Random Effect Model dengan bantuan software E-Views 9. Variabel independen dalam penelitian ini adalah investasi dalam negeri, investasi asing dan tenaga kerja, sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah pertumbuhan ekonomi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel investasi dalam negeri berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, variabel investasi asing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan variabel tenaga kerja berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yunaita Rahmawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:58
Last Modified: 08 Oct 2021 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16022

Actions (login required)

View Item View Item