.. (TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Bekas Di Doyok Motor Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Lestari, Inda (2021) .. (TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Bekas Di Doyok Motor Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717008_Inda Lestari_Ekonomi Syariah (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lestari, Inda. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Bekas
Di Doyok Motor Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun.Skripsi. 2021.
Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Yulia Anggraini, M.M.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, segmentasi pasar, targeting, positioning,
Faktor-faktor Penjualan.
Pemasaran berasal dari kata pasar atau dapat diartikan pula dengan konteks
tradisional “tempat orang jual beli”. Pemasaran menurut Kotler dan Amstrong
adalah sebuah proses sosial manajerial, dimana individu-individu dan kelompokkelompok memperoleh apa saja yang mereka butuhkan dan inginkan, melalui
penciptaan serta pertukaran produk nilai dengan pihak lain. Pemasaran adalah
suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan,
menentukan harga, promosi serta mendistribusikan barang-barang yang dapat
memuaskan keinginan kepada para konsumen saat ini, maupun konsumen
potensial.
Doyok Motor merupakan salah satu toko jual beli motor bekas di daerah
Madiun selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran dan
faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan. Jenis penelitian yang dilakukan
penulis yaitu dengan menggunakan metode kualitatif.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan dengan hasil sebagai berikut: (1)
Kurangnya melakukan promosi kepada masyarakat karena pada Doyok Motor ini
hanya berpromosi lewat media sosial seperti youtube, facebook, dan tidak semua
kalangan masyarakat memiliki atau bisa mengakses semua media sosial, (2)
Pelaksanaan strategi pemasaran dengan menggunakan 4P, product, price, place,
promotion, jumlah penjualan saat ini masih mengalami penurunan. Hal ini
dikarenakan strategi promotion yang dilakukan oleh Doyok Motor masih kurang,
karena untuk melakukan promosi hanya dilakukan 2 atau 3 kali saja dalam satu
bulan untuk promosi, (3) Strategi pemasaran dengan menggunakan segmenting,
targeting, positioning pada produk sepeda motor bekas pada segmentasi pasar
bahwa dalam Doyok Motor ini hanya menerapkan segmentasi demografi dan
geografis saja. Untuk target pasar sasaran masih bersifat umum untuk semua
kalangan masyarakat, (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan dari Doyok
Motor ini adalah kondisi dan kemampuan penjualan baik karena mudah dijangkau
dan tempat yang strategis dekat perempatan jalan besar, faktor lain yang
mempengaruhi penjualan pada Doyok Motor ini adalah kondisi pada ruangan di
Doyok Moyor yaitu dapat dilihat dari ruang tunggu konsumen yang kurang luas
sehingga membuat konsumen tidak kebagian tempat duduk jika terdapat banyak
konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:44
Last Modified: 07 Oct 2021 06:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16016

Actions (login required)

View Item View Item