Implikasi Penambangan Pasir Terhadap Perekonomian Petani Berdasarkan Perspektif Maqashid Syariah di Desa Bolosingo Kec. Pacitan Kab. Pacitan

Brilianti, Popy Anggun (2021) Implikasi Penambangan Pasir Terhadap Perekonomian Petani Berdasarkan Perspektif Maqashid Syariah di Desa Bolosingo Kec. Pacitan Kab. Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Popy Anggun Brilianti - 210217110.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Brilianti, Popy Anggun, 2021. Implikasi Penambangan Pasir Tergadap Perekonomian Petani Berdasarkan Perspektif Maqāṣhid Syarī’ah. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Umarwan Sutopo. M.H.I.
Kata kunci/keywod: Implikasi, Penambangan Pasir, Maqāṣhid Syarī’ah
Salah satu bentuk pemanfaatan sumber daya alam adalah penambangan pasir seperti yang terjadi di Desa Bolosingo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan. Praktik penambangan pasir di Desa Bolosingo boleh dikatakan cukup merugikan warga sekitar. Seperti timbulnya dampak negatif terdahap lingkungan yang berpengaruh pada perkonomian petani di Desa Bolosingo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan. Dampak yang ditimbulkan dari penambangan pasir Desa Bolosingo berakibat pada rusaknya lahan pertanian menjadi tidak produktif dan berakibat hasil panen tidak maksimal. Oleh karena itu penelitian ini ingin memelihara dan melestarikan pemanfaatan sumber daya alam karena sifatnya terbatas, dengan tetap menjaga batasan dalam Al-Qur’an tentang mengeksploitasi alam agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan, perekonomian dan makhuk Allah swt. Maka dari itu untuk menghindari dampak tersebut diperlukan dengan menjaga maqāṣhid syarī’ah dalam kehidupan manusia.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan maqāṣhid syarī’ah terhadap penambangan pasir yang berdampak kepada kerusakan lahan pertanian di Desa Bolosingo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan? (2) Bagaimana tinjauan maqāṣhid syarī’ah terhadap dampak sosial ekonomi masyarakat sekitar di Desa Bolosingo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode reduksi data dari lapangan dalam bentuk uraian dan laporan terperinci, penyajian data dengan teks yang bersifat naratif dari hasil wawancara dan verification kesimpulan awal yang bersifat sementara dan akan berubah ketika ditemukan bukti yang kuat.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implikasi penambangan pasir terhadap petani di Desa Bolosingo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan belum sesuai dengan Maqāṣhid Syarī’ah dengan mewujudkan kemaslahatan yang hendak dicapai baik didunia maupun diakhirat. Dari dampak yang ditimbulkan perlu untuk menjaga lingkungan dari kerusakan ulah tangan manusia. Menurut Maqāṣhid Syarī’ah hifdzu nafs dan hifdzu mal, dampak negatif yang ditimbulkan penambangan pasir memiliki resiko yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umarwan Sutopo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:02
Last Modified: 07 Oct 2021 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16015

Actions (login required)

View Item View Item