ANALISIS STUDI KELAYAKAN USAHA PENGRAJIN SEPATU KULIT MAGETAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

FAJRIAH, DILA LAILATUL (2021) ANALISIS STUDI KELAYAKAN USAHA PENGRAJIN SEPATU KULIT MAGETAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210717230_Dila Lailatul Fajriah (3).pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

Fajriah, Dila Lailatul. Analisis Studi Kelayakan Bisnis Usaha Pengrajin Sepatu Kulit Magetan Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Husna Ni’matul Ulya, M.E.Sy.
Kata Kunci : Kelayakan Usaha, aspek nonfinansial, aspek finansial.
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar pada UMKM di Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui UMKM mengalami penurunan sebanyak 64% yang disebabkan karena banyak sektor pariwisata, dan juga perdagangan yang terhenti karena PPKM dan PSBB.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan usaha pengrajin sepatu di Magetan ditinjau dari aspek nonfinansial yaitu aspek operasional, aspek pasar dan pemasaran, dan aspek sumber daya manusia, serta aspek keuangan yang dianalisis dengan metode payback period (PP), net present value (NPV), net B/C atau probability indexs (PI), dan internal rate of return (IRR).
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data adalah dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini di analisis menggunakan metode deduktif yang diawai dengan pertanyaan umum dan diakhiri kesimpuln khusus.
Berdasarkan hasil penelitian, ditinjau dari aspek nonfinansial yaitu aspek operasional, aspek pasar dan pemasaran, dan aspek sumber daya manusia usaha pengrajin sepatu kulit Kartika Magetan layak untuk dijalankan. Sedangkan untuk aspek finansial menunjukkan hasil analisis metode Payback Period (PP) sebesar 9 Bulan yang man usaha ini dikatakan layak karena hasil yang ditunjukkan lebih kecil dari waktu yang ditentukan yaitu 18 bulan, selanjutnya Net Present Value (NPV) sebesar Rp. 12.442.660 dimana NPV lebih besar dari pada 0, Profitabily Index (PI) menunjukka 0,29 yang mana menunjukan bahwa lebih kecil dari 1 pada hal ini PI dikatakan tidak layak. dan Internal Rate of Return (IRR) sebesar 15%, IRR menunjukan layak untuk usaha ini karena nilai yang dihasilkan lebih besar dari tingkat bunga 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: HUSNA NI'MATUL ULYA
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Oct 2021 07:02
Last Modified: 05 Oct 2021 07:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16009

Actions (login required)

View Item View Item