Nilai-nilai Keteladanan dalam Film Sepatu Dahlan dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar

Efendy, Della Ammar (2021) Nilai-nilai Keteladanan dalam Film Sepatu Dahlan dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD 210617076 DELLA AMMAR EFENDY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Efendy, Della Ammar. 2021. Nilai-Nilai Keteladanan dalam Film Sepatu Dahlan dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Berlian Pancarrani, M.Pd.

Kata Kunci: Nilai Keteladanan, Film Sepatu Dahlan, Pendidikan Karakter

Di era perkembangan zaman yang begitu kompleks, bangsa Indonesia sedang dihadapkan beberapa permasalahan dalam dunia pendidikan. Masalah-masalah tersebut berkaitan erat dengan kemerosotan karakter peserta didik yang tidak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Diantaranya masih adanya kasus bulliying dalam dunia pendidikan di Indonesia. Selain itu juga budaya kejujuran peserta didik, baik dalam menyelesaikan tugas sekolah maupun menyelesaikan ujian masih belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Hal ini bisa terjadi diduga kuat karena pendidikan karakter dalam dunia pendidikan belum bisa tertanam dengan baik. Penanaman karakter peserta didik pada anak tingkat sekolah dasar dimulai dari contoh sikap keteladanan. Proses penanaman nilai keteladanan dapat diperoleh dari mana saja, tidak hanya melalui lembaga formal maupun non formal. Namun, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penanaman nilai keteladanan bisa melalui sebuah pendidikan lain, yaitu bisa melalui media masa, cetak, maupun elektronik. Salah satu media yang dapat menyalurkan nilai edukasi ialah film. Berdasarkan pengamatan awal Film Sepatu Dahlan banyak mengandung nilai-nilai keteladanan yang dapat membentuk karakter peserta didik. Selain itu, film ini mendapat penghargaan terbaik dalam kategori film anak dan meraih Piala Dewantara dari Apresiasi Film Indonesia (AFI) pada tahun 2014.
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan nilai-nilai keteladanan yang terdapat dalam Film Sepatu Dahlan, (2) menjelaskan nilai-nilai keteladanan dalam film Sepatu Dahlan dan relevasinya dengan nilai pendidikan karakter anak sekolah dasar.
Data penelitian ini disusun menggunakan penelitian kajian kepustakaan atau library research dengan teknik analisis isi (content analysis). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah Film Sepatu Dahlan.
Berdasarkan hasil analisis dapat ditemukan bahwa (1) nilai-nilai keteladanan yang terdapat dalam film Sepatu Dahlan yaitu berdoa, bersikap jujur, mematuhi aturan, tidak ingin merepotkan orang lain, menanggapi teman dengan baik, membantu orang lain, senang berbagi/berdema, melaksanakan kewajiban dalam keluarga dan bertanggung jawab atas perbuatannya. (2) Relevansi antara nilai-nilai keteladanan dalam film Sepatu Dahlan dengan pendidikan karakter anak sekolah dasar. Nilai keteladanan berdoa relevan dengan pendidikan karakter religius. Nilai keteladanan bersikap jujur relevansi dengan pendidikan karakter jujur. Nilai keteladanan mematuhi aturan relevan dengan pendidikan karakter dispilin. Nilai keteladanan tidak ingin merepotkan orang lain relevan dengan pendidikan karakter mandiri. Nilai keteladanan menanggapi teman dengan baik relevan dengan pendidikan karakter bersahabat/komunikatif. Nilai keteladanan membantu orang lain relevan dengan pendidikan karakter peduli sosial. Nilai keteladanan senang berbagi/berdema relevan dengan pendidikan karakter peduli sosial. Nilai keteladanan melaksanakan kewajiban dalam keluarga relevan dengan pendidikan karakter tanggung jawab. Nilai keteladanan bertanggung jawab atas perbuatannya relevan dengan pendidikan karakter tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:27
Last Modified: 05 Oct 2021 03:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16005

Actions (login required)

View Item View Item