ANALISIS PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PELAYANAN DAN PENETAPAN HARGA DI VILSHOP MADIUN

Afifah, Laelatul (2021) ANALISIS PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PELAYANAN DAN PENETAPAN HARGA DI VILSHOP MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
eteses LAELATUL AFIFAHH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Afifah, Laelatul. Analisis Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Dalam Pelayanan Dan Penetapan Harga Di Vilshop Madiun. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ika Susilawati, S.E., M.M.

Kata Kunci: Etika Bisnis Islam.
Dalam aktivitas berbisnis, pelaku bisnis diharapkan untuk menerapkan etika dalam kegiatan bisnisnya. Sebab etika menjadi batasan bagi pelaku bisnis dalam menjalankan aktivitasnya. Akan tetapi masih ada perusahaan yang belum menerapkan etika bisnis dalam kegiatan bisnisnya. Seperti halnya pada toko Vilshop yang memiliki sebagian karyawan yang belum menerapkan prinsip etika bisnis dalam melayani konsumen. Jadi ketika melayani, pihak karyawan memberikan informasi tidak sesuai dengan kualitas yang aslinya. Dan ada sebagian barang yang harga pada label barang tidak sesuai dengan harga yang tertera pada kasir.
Berangkat dari latar belakang masalah tersebut, rumusan masalah yang diteliti oleh penulis adalah pertama, bagaimana analisis etika bisnis Islam dalam pelayanan di Vilshop Madiun?. Dan yang kedua bagaimana analisis etika bisnis Islam dalam penetapan harga di Vilshop Madiun?.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Data primer melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). Pelayanan yang diberikan konsumen menurut etika bisnis, Vilshop belum sepenuhnya menerapkan prinsip etika bisnis dalam aktivitas bisnisnya. Khususnya pada prinsip kejujuran, prinsip keadilan, prinsip saling menguntungkan, dan prinsip integritas moran. Hal ini dibuktikan dengan pelayanan informasi terkait ketidaksesuaian antara kualitas barang yang di posting di Instagram dengan kenyataanya. Sedangkan pada prinsip etika bisnis berupa prinsip otonom, yakni Vilshop telah menerapkan prinsip ini dalam aktivitas bisnisnya. Hal ini ditunjukkan dengan kesadaran perusahaan melalui usahanya untuk memenuhi kewajiba-kewajiban dalam bisnisnya. 2). Penetapan harga yang dilakukan Vilshop menurut etika bisnis, Vilshop sudah sepenuhnya menerapkan prinsip etika bisnis Islam dalam aktivitas bisnisnya. Khususnya pada prinsip otonom dan prinsip saling menguntungkan. Hal ini ditunjukkan dengan kesadaran perusahaan untuk memenuhi kewajiban-kewajiban dan saling menguntungkan kepada konsumennya. Sedangkan pada prinsip etika bisnis berupa prinsip kejujuran, prinsip keadilan dan prinsip integritas moral Vilshop belum menerapkan prinsip-prinsip tersebut kedalam aktivitas bisnisnya. Dikarenakan dengan adanya ketidaksesuaian antara harga yang ada di label barang dengan harga yang ada dikasir. Dengan adanya ketidaksesuai tersebut sehingga Vilshop juga belum bias menjaga nama baik perusahaan di mata masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:23
Last Modified: 05 Oct 2021 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16000

Actions (login required)

View Item View Item