Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Masa Pandemi Covid-19 Pengguna Aplikasi Shopee Kuartal Kedua Tahun 2020

Falah, Azizah Nudia (2021) Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Masa Pandemi Covid-19 Pengguna Aplikasi Shopee Kuartal Kedua Tahun 2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Falah, Azizah Nudia. 2021. Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi, dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Masa Pandemi Covid-19 Pengguna Aplikasi Shopee Kuartal Kedua Tahun 2020. Skripsi. 2021, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ika Susilawati, S.E., M.M.
Kata Kunci: Sosial, Pribadi, Psikologis, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian
Masalah dari perilaku konsumen saat ini adalah konsumen memiliki tingkat pengenalan masalah yang rendah terhadap kebutuhan akan barang yang dibelinya, beberapa dari mereka mengaku bahwa barang yang dibeli bukanlah kebutuhannya namun mereka tetap melakukan pembelian. Ada juga yang mengatakan bahwa membuat pesanan di marketplace karena lapar mata saja. Tentu saja hal ini bertentangan dengan teori keputusan pembelian yang menerangkan bahwa semakin tinggi pengenalan masalah terhadap barang apa yang dibutuhkan dan apa yang diperlukan maka akan semakin tinggi pula keputusan pembelian yang dilakukan, dan begitu juga sebaliknya.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada pengaruh faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang merupakan konsumen/pengguna aplikasi Shopee. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, variabel sosial, pribadi dan psikologis berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, yang ditunjukkan dengan nilai signifikan uji F < nilai sig yaitu 0,000 < 0,05. Dan secara parsial variabel sosial, pribadi dan psikologis berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, yang ditujukan dengan nilai signifikansi uji t tiap variabel < nilai sig yaitu 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:20
Last Modified: 05 Oct 2021 03:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15999

Actions (login required)

View Item View Item