Pengaruh Pengetahuan, Persepsi Dan Religiusitas Terhadap Minat Pembiayaan Di BMT Nurul Ummah (NU) Ngasem Cabang Ngraho Bojonegoro

Ristanti, Ika (2021) Pengaruh Pengetahuan, Persepsi Dan Religiusitas Terhadap Minat Pembiayaan Di BMT Nurul Ummah (NU) Ngasem Cabang Ngraho Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
IKA RISTANTI_210717208.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ristanti, Ika. 2021. Pengaruh Pengetahuan, Persepsi dan Religiusitas Terhadap Minat Pembiayaan Di BMT Nurul Ummah (NU) Ngasem Cabang Ngraho Bojonegoro. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Aji Damanuri M. E. I.
Kata Kunci: Minat, Pengetahuan, Persepsi dan Religiusitas
Minat merupakan sebuah perasaan suka dan ketertarikan terhadap suatu aktivitas tanpa ada yang menyuruh. Minat berhubungan dengan sesuatu yang menguntungkan dan dapat menciptakan kepuasan bagi dirinya. Faktor yang berpengaruh pada minat diantaranya faktor intrinsik yang timbul karena pengaruh persepsi, bakat, prestasi belajar, dan sikap dan faktor ekstrinsik yang timbul karena pengetahuan, lingkungan, religiusitas dan sebagainya. Pengetahuan adalah semua bentuk informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa serta informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen. Persepsi adalah proses dimana individu atau seseorang mengorganisasikan dan menginterpretasikan kesan sensorik untuk memberi arti pada lingkungan mereka. Sedangkan religiusitas adalah keadaan seseorang yang mendorongnya untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan kadar ketaatannya terhadap agama. Keberhasilan BMT dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang tertarik menjadi anggota, seperti menjadi anggota pembiayaan. Anggota pembiayaan BMT NU Ngasem Cabang Ngraho dari tahun ke tahun semakin meningkat namun hal ini tidak sejalan dengan tingkat pengetahuan, persepsi dan religiusitas anggota. Banyak anggota yang masih tidak mengerti jenis dan fungsi produk yang ditawarkan, masih menganggap bahwa sistem bagi hasil adalah bunga. Serta banyak didapati seorang anggota yang tidak menjalankan kegiatan jual beli sesuai dengan hukum syariah.
Penelitian yang dilakukan ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif. Kusioner atau angket adalah cara yang digunakan untuk pengumpulan data. Kemudian analisis yang digunakan yaitu analisis asumsi klasik, analisis regresi liner sederhana, dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 16.
Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa pengetahuan mempunyai koefisien positif dengan hasil thitung > t tabel = 8,218 > 1,99 dan memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H01 ditolak dan Ha1 diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengetahuan (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap minat pembiayaan (Y). Variabel persepsi memiliki milai thitung > t tabel = 16,001 > 1,99 dan memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H02 ditolak dan Ha2 diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa persepsi (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap minat pembiayaan (Y). Variabel religiusitas memiliki milai thitung > t tabel = 10,667 > 1,99 dan memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H03 ditolak dan Ha3 diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa religiusitas (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap minat pembiayaan (Y). Dari hasil uji F didapatkan Fhitung > Ftabel yaitu 111,712 > 1,606 dan nilai sig < α yaitu 0,000 < 0,05 maka H04 ditolak dan Ha4 diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengetahuan, persepsi dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap minat pembiayaan. Kemudian Nilai R2 sebesar 0,809 memiliki arti bahwa kontribusi pengetahuan, persepsi dan religiusitas terhadap minat pembiayaan besarnya 80,9% dan sisanya sebesar 19,1% dipengaruhi oleh variabel lain selain pengetahuan, persepsi dan religiusitas yang tidak diteliti pada penelitian ini. Jadi, kesimpulan dalam penelitian ini adalah pengetahuan berpengaruh terhadap minat pembiayaan. Persepsi berpengaruh terhadap minat pembiayaan. Religiusitas berpengaruh terhadap minat pembiayaan. Pengetahuan, persepsi dan religiusitas berpengaruh terhadap minat pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:18
Last Modified: 05 Oct 2021 03:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15998

Actions (login required)

View Item View Item