Pengaruh Customer Experience, Customer satisfaction, dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Shopee Indonesia di Kabupaten Madiun

Rohmatin, Alfi Layli (2021) Pengaruh Customer Experience, Customer satisfaction, dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Shopee Indonesia di Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717202_ALFI LAYLI ROHMATIN_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rohmatin, Alfi Layli. Pengaruh Customer Experience, Customer Satisfaction, dan
Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Shopee Indonesia di Kabupaten
Madiun. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Husna
Ni’matul Ulya, M. E. Sy.
Kata Kunci: Customer Experience, Customer Satisfaction, Promosi, Loyalitas
Konsumen
Loyalitas konsumen adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek,
toko atau pemasok berdasarkan sifat yang sangat positif dalam pembelian jangka
panjang. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh konsumen Shopee
Indonesia di Kabupaten Madiun yang menyatakan bahwa mereka tidak loyal
terhadap Shopee, namun mendapatkan pengalaman positif dalam berbelanja,
kepuasan dalam berbelanja dan kegiatan promosi yang menarik.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan
desain penelitian menggunakan survey research. Jumlah populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah konsumen Shopee Indonesia di kabupaten Madiun yang
sudah pernah bertransaksi, melakukan pembelian secara berulang, dan tidak
memperjulbelikan kembali produk yang sudah dibeli. Jumlah sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah 97 responden. Metode pengumpulan data
yang digunakan, yaitu metode kuesioner dan wawancara. Instrumen pengumpulan
data menggunakan skala likert. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product
moment dan uji reliabilitas menggunakan retest. Teknik pengolahan data yang
digunakan adalah SPSS versi 16. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
asumsi klasik (uji linieritas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi,
dan uji multikolinieritas), analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier
berganda, serta pengujian hipotesis (uji t, uji F, dan koefisien determinasi).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) customer experience tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen Shopee Indonesia yang
dibuktikan dengan nilai Sig. 0,508 > 0,05; (2) customer satisfaction berpengaruh
secara signifikan terhadap loyalitas konsumen Shopee Indonesia dibuktikan dengan
nilai Sig. 0,000 < 0,05; (3) promosi berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas
konsumen Shopee Indonesia yang dibuktikan dengan nilai Sig. 0,021 < 0,05; (4)
secara simultan customer experience, customer satisfaction, dan promosi
berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen Shopee Indonesia yang
dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Sebab kurangnya loyalitas konsumen
Shopee Indonesia, yaitu kebanyakan konsumen lebih memilih situs belanja online
yang lain daripada Shopee, belum terpenuhinya harapan pelanggan, dan kurangnya
informasi yang diperoleh mengenai produk yang dimiliki Shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Husna Ni'matul Ulya
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:26
Last Modified: 04 Oct 2021 03:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15991

Actions (login required)

View Item View Item