Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Dan Dana Pihak Ketiga Terhadap Return On Assetss Dengan Financing To Deposite Ratio Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Tahun 2015 – 2019

Ayu, Alma Tiyana (2021) Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Dan Dana Pihak Ketiga Terhadap Return On Assetss Dengan Financing To Deposite Ratio Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Tahun 2015 – 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817220_Alma Tiyana Ayu_Perbankan Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ayu, Alma Tiyana. Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Dan Dana Pihak Ketiga Terhadap Return On Assetss Dengan Financing To Deposite Ratio Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Tahun 2015 – 2019. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd
Kata Kunci: CAR, DPK, FDR, ROA
ROA merupakan tingkat keuntungan yang diperoleh berdasarkan berbagai kegiatan perbankan baik penyaluran pembiayaan ataupun yang lainnya. Berdasarkan teori ROA dapat dipengaruhi oleh CAR, DPK, dan FDR. Secara teori variabel CAR berpengaruh positif terhadap ROA karena CAR naik akan meningkatkan ROA. DPK juga berpengaruh positif terhadap ROA karena DPK naik ROA juga akan meningkat. Dan FDR sebagai variabel intervening juga berpengaruh positif terhadap ROA karena jika FDR naik juga akan meningkatkan ROA. Tetapi pada faktanya pada laporan keuangan BUS periode 2015 -2019 CAR naik ROA justru mengalami penurunan, sedangkan DPK naik ROA justru mengalami penurunan, dan FDR naik ROA mengalami penurunan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah CAR dan DPK berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap FDR pada BUS? Apakah CAR, DPK dan FDR berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap ROA pada BUS? Apakah FDR dapat memediasi pengaruh CAR dan DPK terhadap ROA pada BUS?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel adalah menggunakan purposive sampling dengan menggunakan 40 sampel penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan Bank Umum Syariah tahun 2015- 2019 yang diakses melalui website masing – masing bank. Data yang diperoleh kemudian di olah menggunakan SPSS 21. Analisa data yang digunakan adalah Uji asumsi klasik, Uji analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, Koefisen determinasi dan analisis jalur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) CAR tidak berpengaruh signifikan terhadap FDR pada BUS hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,135 sedangkan DPK berpengaruh signifikan terhadap FDR dibuktikan dengan nilai sig 0,006, secara simultan CAR dan DPK berpengaruh terhadap FDR hal ini dibuktikan dengan nilai uji F 4,178 (2) CAR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA BUS hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,155, DPK tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,472 sedangkan FDR berpengaruh terhadap ROA hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,040, secara simultan CAR, DPK dan FDR berpengaruh terhadap ROA hal ini dibuktikan dengan nilai uji F 3,422 (3) Bahwa FDR tidak mampu memediasi pengaruh variabel CAR dan DPK terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:23
Last Modified: 04 Oct 2021 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15986

Actions (login required)

View Item View Item