Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Tingkat Partisipan Angkatan Kerja Dan Upah Minimum Provinsi Terhadap Pengangguran Di Indonesia Tahun 2011-2020

Badria, Frida Ayu (2021) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Tingkat Partisipan Angkatan Kerja Dan Upah Minimum Provinsi Terhadap Pengangguran Di Indonesia Tahun 2011-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717168_frida ayu badria.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Badria, Frida Ayu. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Partisipan Angkatan Kerja, Dan Upah Minimum Provinsi Terhadap Pengangguran Di Indonesia Tahun 2011-2020. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Yunaita Rahmawati, SE., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Ekonomi, Kerja, Upah, Pengangguran.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2020 terdapat lima provinsi dengan tingkat pengangguran tertinggi di Indonesia yaitu provinsi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta Kepulauan Riau dan Maluku. Banyaknya angka pengangguran disebabkan oleh beberapa indikator yang mempengaruhi yaitu pertumbuhan ekonomi, tingkat partisipan angkatan kerja, dan upah minimum provinsi. Dengan naiknya pertumbuhan ekonomi, lalu menurunnya tingkat partisipan angkatan kerja serta naiknya upah minimum provinsi sehingga hal tersebut dapat menurunkan pengangguran. Namun, pada kenyataan masih terdapat masalah pengangguran akibat ketidak sesuaian diantarannya tahun 2016 ke 2017 ada tiga provinsi DKI Jakarta, Banten, Maluku dan tahun 2017 ke 2018 ada dua provinsi Kepulauan Riau dan Jawa Barat.
Dalam penelitian ini menggunakan data pertumbuhan ekonomi, tingkat partisipan angkatan kerja, upah minimum provinsi dan tingkat pengangguran terbuka tahun 2011-2020 yang diperoleh dari website BPS. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan pengujian tahapan metode estimasi data panel, uji asumsi klasik dan uji signifikasi menggunakan software Eviews 10. Model data panel yang terpilih adalah Fixed Effect Model.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan tingkat partisipan angkatan kerja secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengangguran. Sedangkan upah minimum provinsi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pengangguran. Secara simultan pertumbuhan ekonomi, tingkat partisipan angkatan kerja, dan upah minimum provinsi berpengaruh signifikan terhadap pengangguran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yunaita Rahmawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:31
Last Modified: 01 Oct 2021 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15983

Actions (login required)

View Item View Item