PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN BERBELANJA DI SHOPEE (Studi Kasus Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo)

Jannah, Roudlotul (2021) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN BERBELANJA DI SHOPEE (Studi Kasus Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROUDLOTUL JANNAH 210717027.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Jannah, Roudlotul. Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Konsumen Berbelanja di Shopee (Studi Kasus Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo). Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing : Yunaita Rahmawati, SE., M.Si., Ak.

Kata Kunci : Kepercayaan, Kemudahaan dan Loyalitas

Loyalitas konsumen adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek toko, atau pemasok, berdasarkan sifat yang sangat positif dan tercermin dalam pembelian ulang yang konsisten.Untuk memahami loyalitas konsumen, ada dua faktor yang menjadi pertimbangan adalah kepercayaan dan kemudahan. Kepercayaan adalah pondasi dari suatu bisnis dimana seorang pembeli bertumpu kepada penjual dengan harapan mendapatkan produk yang diinginkan sesuai dengan apa yang dipesan.Kemudahan adalah pengguna teknologi merupakan hal yang mudah dan tidak memerlukan usaha keras dari pemakaiannya. Sebagian besar santri di Pondok Pesantren Darussalam yakni pengguna aplikasi Shopee untuk bertransaksi jual beli. Namun, kepercayaan dan kemudahan yang diberikan oleh Shopee sulit untuk didapatkan pengguna Shopee di Pondok Pesantren Darussalam, karena beberapa santri pernah mengalami ketidaksesuaian barang yang telah dibelinya. Dan kurangnya kefahaman santri yang membuat sulitnya penggunaan dan penguasaan aplikasi Shopee.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah santri PP Darussalam Bangunsari Ponorogo. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampling purposive. Dengan kriteria-kriteria tertentu yang telah ditentukan maka sampel yang digunakan yaitu 74 sampel. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuisioner. Dan analisis linier berganda digunakan untuk menganalisis data.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa uji analisis memberikan hasil yaitu terdapat pengaruh secara parsial variabel kepercayaan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen dalam berbelanja online. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 2,754 > nilai ttabel sebesar 1,994 dan nilai sig 0,007 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H01 ditolak dan Ha1 diterima, yang artinya kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Terdapat pengaruh secara parsial variabel kemudahan terhadap loyalitas konsumen dalam berbelanja online. Hal ini dibuktikan dengan nilai nilai thitung sebesar 4,916 > nilai ttabel sebesar 1,994 dan nilai sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H02 ditolak dan Ha2 diterima, yang artinya kemudahan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Terdapat pengaruh secara simultan (bersama-sama) variabel kepercayaan dan kemudahanterhadap loyalitas konsumen dalam berbelanja online. Hal ini dibuktikan dengan nilai fhitung sebesar 43,133 > nilai ftabel sebesar 3,13 dan nilai sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H03ditolak dan Ha3diterima, yang artinya kepercayaan dan kemudahan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yunaita Rahmawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:10
Last Modified: 29 Sep 2021 04:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15976

Actions (login required)

View Item View Item