Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Bukan Penerima Upah Pada BPJS Ketenagakerjaan kantor Cabang Perintis Ponorogo

Baskoro, Fajar (2021) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Bukan Penerima Upah Pada BPJS Ketenagakerjaan kantor Cabang Perintis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717183_Fajar Baskoro_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Baskoro, Fajar. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Bukan Penerima Upah Pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Ponorogo. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah. Pembimbing, Yulia Anggraini S.A.B., M.M.
Kata Kunci: segmentasi, targeting, positioning, bauran pemasaran, komunikasi pemasaran, kepuasan pelanggan
Dalam teori strategi pemasaran yang dikemukakan oleh Fandy Tjiptono, strategi pemasaran berfokus pada segmentasi pasar, targeting, positioning, dan bauran pemasaran. Bauran pemasaran yang dilakukan menggunakan 4P yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion). Sedangkan dalam pemasaran Jasa memiliki alat pemasaran tambahan yaitu orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence) sehingga dikenal dengan marketing mix 7P. Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan BPU (Bukan Penerima Upah) di Kantor Cabang Perintis Ponorogo masih rendah dengan persebaran para pekerja mandiri yang begitu banyak. Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Ponorogo sudah dilakukan dengan maksimal namun jumlah kepesertaan BPU masih sedikit.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini adalah Kurangnya pengetahuan para pekerja mandiri ini tantang BPJS Ketenagakerjaan yang menganggap bahwa BPJS Ketenagakerjaan hanya untuk para pekerja formal saja yang bekerja dengan instansi atau perusahaan. Pelaksanaan targeting dan positioning yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan tidak tepat sasaran karena pada agen Perisai menargetkan para penerima upah (PU) dan belum bisa membangun persepsi para pekerja mandiri sehingga posisi pasar untuk mengenalkan program BPJS Ketenagakerjaan belum maksimal sedangkan pelaksanaan 7P promotion belum dilakukan secara maksimal hanya menggunakan promosi penjualan dan personal selling. Penggunaan periklanan dan public relations belum digunakan, sehingga strategi pemsaran pada promosi belum berjalan dengan maksimal. Namun strategi komunikasi dan kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Ponorogo telah sesuai dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Sep 2021 02:39
Last Modified: 29 Sep 2021 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15972

Actions (login required)

View Item View Item