Konstruksi Makkiyah Madaniyah pada Penafsiran Ayat-Ayat Khamr

Mahmudah, Mar'atul (2021) Konstruksi Makkiyah Madaniyah pada Penafsiran Ayat-Ayat Khamr. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ethesis_Mahmudah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mahmudah, Mar’atul. 2021. Konstruksi Konsep Makkiyah Madaniyah pada Penafsiran Ayat-Ayat Khamr. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmad Munir , M.Ag.

Kata Kunci: Makkiyah Madaniyah, Khamr, Narkoba.

Makkiyah Madaniyah merupakan konsep kategorisasi ayat al-Qur’an berdasarkan pada periodesasi pewahyuan al-Qur’an. Makkiyah yakni ayat-ayat yang turun sebelum nabi hijrah dan Madaniyah adalah ayat-ayat yang turun setelah nabi hijrah. Pada dua periode tersebut Al-Qur’an melakukan dialog, merespon sebuah persoalan sesuai dengan perkembangan keadaan penerimanya. Hal ini terlihat pada perbedaan konstruksi ayat-ayat khamr Makkiyah dan Madaniyah. Ayat-ayat khamr Makkiyah mengakui eksistensi khamr sebagai minuman yang diistimewakan masyarakat Arab Jahiyah, sedangkan ayat khamr Madaniyah memandang khamr sebagai suatu permasalahan dan secara tegas serta bertahap menetapkan status hukum syariat khamr. Jika kita melihat ayat-ayat khamr tersebut dari perspektif konsep Makkiyah Madaniyah secara mendalam, dan menyeluruh maka akan diperoleh gambaran konteks historis masa pewahyuan dan akan ditemukan apa yang sesungguhnya menjadi pesan moral dan nilai universal al-Qur’an tentang permasalahan khamr ini, sehingga nilai-nilai tersebut dapat kita kontekstualkan dengan realitas masa kini.
Dari kesenjangan antara ayat-ayat khamr Makkiyah dan Madaniyah inilah penelitian ini dilakukan dengan memfokuskan kajian pada tiga rumusan masalah, yakni: 1) Bagaimana konstruksi ayat-ayat khamr pada periode Makkah dan Madinah. 2) Bagaimana penerapan konsep Makkiyah Madaniyah pada penafsiran ayat-ayat khamr. 3) Bagaimana relevansi ayat-ayat khamr dengan narkoba di masa kini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, ayat-ayat khamr Makkiyah dibangun dalam konstruksi wacana penyadaran dengan struktur ayatnya yang pendek dan sarat majas secara persuasif berusaha menggerakkan kesadaran masyarakat akan keburukan khamr. Sedangkan ayat-ayat khamr Madaniyah dibangun dalam konstruksi wacana transformasi dan implementasi nilai-nilai baru untuk membentuk tatanan masyarakat baru yang ideal, dengan struktur ayatnya yang lugas, ayat khamr Madaniyah secara bertahap melarang dengan tegas penggunaan khamr. Kedua, penerapan konsep Makkiyah Madaniyah dalam penafsiran ayat-ayat khamr menginformasikan bahwa penetapan hukum khamr dilakukan secara bertahap (tadarruj), strategi dakwah Nabi dalam mentransformasikan nilai-nilai baru menyesuaikan dengan kondisi sosiologis masyarakatnya, dan nilai universal al-Qur’an yang terkandung dalam ayat-ayat khamr adalah perlindungan terhadap akal (hifdh al-‘aql). Ketiga, relevansi ayat-ayat khamr dengan permasalahan narkoba di masa kini terletak pada prinsip-prinsip dasar ideal moral dan nilai universal yang terkandung dalam ayat-ayat khamr yang dapat dijadikan acuan dalam menyelesaikan masalah narkoba.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:39
Last Modified: 28 Sep 2021 03:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15968

Actions (login required)

View Item View Item