Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Emas Mini Gold Dengan Sistem Kredit Pada Faeyza Online Shop Kota Surabaya

Kartikasari, Luki (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Emas Mini Gold Dengan Sistem Kredit Pada Faeyza Online Shop Kota Surabaya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LUKI KARTIKASARI (210217117) HES-SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya pembayaran jual beli emas mini gold pada Faeyza Online Shop Kota Surabaya dengan sistem kredit yang dilakukan dengan cara memesan barang terlebih dahulu, penjual tidak menerapkan uang muka dan tidak memberikan tempo atau jangka waktu pelunasan sampai kapan pelunasan kredit tersebut berakhir. Sedangkan untuk barangnya akan diserahkan diakhir setelah angsuran selesai. Apabila pembeli tidak dapat melunasi angsurannya maka uang yang yang dibayarkan diawal hangus dan barang tidak akan diserahkan. Ketentuan sistem pembayaran dan serah terima barang telah diatur dalam hukum Islam.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembayaran Jual Beli Emas Mini Gold Dengan Sistem Kredit Pada Faeyza Online Shop Kota Surabaya? (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penyerahan Objek Jual Beli Emas Mini Gold Dengan Sistem Kredit Pada Faeyza Online Shop Kota Surabaya?

Jenis penelitian ini penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis induktif yaitu mengemukakan fakta-fakta khusus dari hasil penelitian dan diakhiri dengan kesimpulan yang bersifat umum.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Pembayaran jual beli emas mini gold dilakukan dengan cara memesan barang, selanjutnya pembeli dapat mengangsurnya tanpa ada uang muka dan batas waktu pembayaran. Penundaan waktu pembayaran dalam jual beli emas mini gold hukumnya sama seperti jual beli pesanan atau salam. 2) Penyerahan objek jual beli emas mini gold dengan sistem kredit diserahkan diakhir transaksi termasuk dalam jual beli salam, yaitu jual beli yang pembayarannya dilakukan diawal tetapi penyerahan barang ditangguhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:56
Last Modified: 27 Sep 2021 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15962

Actions (login required)

View Item View Item