Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kleas XI Di MA YP KH SYAMSUDIN DURISAWO

Iza, Galih Muhammad (2020) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kleas XI Di MA YP KH SYAMSUDIN DURISAWO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Galih Muhammad Iza.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata prestasi berasal dari bahasa belanda “prestasic” yang berarti usaha. Dalam kamus besar bahasa Indonesia prestasi belajar didefinisikan sebagai hasil yang diperoleh dari kegiatan persekolahan yang bersifat kognitif dan biasanya ditentukan melalui pengukuran, penilaian dan dinyatakan dalam angka atau huruf. Penilaian prestasi belajar meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam dunia pendidikan terdapat dua jenis prestasi, yaitu prestasi akademik dan prestasi belajar. Prestasi akademik adalah suatu hasil pelajaran yang diperoleh dari kegiatan sekolah yang bersifat kognitif dan biasanya ditentukan melalui pengukuran dan penilaian. Sedangkan prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh suatu mata pelajaran yang lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau nilai yang diberikan oleh guru.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di MA YP KH. Syamsudin Durissawo (2) Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di MA YP KH Syamsudin Durissawo (3) Pengaruh kompetensi professional guru, fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di MA YP KH Syamsudin Durissawo Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Seluruh populasi yang diambil dari kelas XI putra dan putri berjumlah 70 siswa. Pengambilan sampel menurut suharsimin arikunto apabila subyek penelitian kurang dari 100 lebih baik diambil semua, maka dari itu peneliti mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel.
Berdasarkan hasil akhir penelitian diperoleh data bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil Fhitung = 5,769 > Ftabel =3,98 maka Ha diterima, adapun pengaruhnya sebesar 7,8% dilihat dari R square, terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil Fhitung = 4,751 > Ftabel = 3,98 maka Ha diterima dengan pengaruh sebesar 6,5%. Berdasarkan uji regresi linier ganda terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi professional guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di MA YP KH Syamsudin Durissawo Tahun ajaran 2019/2020 dengan perolehan hasil yaitu Fhitung = 4,762 > Ftabel = 3,98. maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di MA YP KH Syamsudin Durisawo dengan nilai kontribusi sebesar 12,4%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:55
Last Modified: 27 Sep 2021 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15961

Actions (login required)

View Item View Item