Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Agen Di Kantor Prudential Ponorogo

Anggraini, Riska Dewi (2021) Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Agen Di Kantor Prudential Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717074_RISKA DEWI ANGGRAINI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anggraini, Riska Dewi. Peran Pemimpin dalam Meningkatkan Kinerja Agen di Kantor Prudential Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata kunci: Peran pemimpin, kinerja agen.
Di dalam sebuah organisasi, apabila pemimpin berperan dengan baik dalam menjalankan kepemimpinannya, maka kinerja bawahannya dapat meningkat. Peran pemimpin dalam organisasi dibagi menjadi tiga, yaitu peranan yang bersifat interpersonal, peranan yang bersifat informational, dan peranan dalam pengambilan keputusan. Pada Kantor Prudential Ponorogo terdapat masalah dalam peranan pemimpin yang bersifat interpersonal. Pemimpin jarang ada di kantor sehingga pada saat kegiatan M3 (Morning, Monday, Motivation) akan diwakilkan oleh agen lama. Dalam peranan yang bersifat informational, jarangnya pemimpin berada di kantor menyebabkan ketika ada informasi dari kantor pusat, pemimpin terlambat dalam menyampaikan informasi tersebut. Pada peranan dalam pengambilan keputusan, apabila terdapat konflik antar agen, pemimpin tidak langsung menindaklanjuti, melainkan hanya menyarankan agen untuk membiarkannya saja. Maka diperoleh rumusan masalah bagaimana peran pemimpin yang bersifat interpersonal dalam meningkatkan kinerja agen di Kantor Prudential Ponorogo? Bagaimana peran pemimpin yang bersifat informational dalam meningkatkan kinerja agen di Kantor Prudential Ponorogo? Dan bagaimana peran pemimpin dalam pengambilan keputusan dalam meningkatkan kinerja agen di Kantor Prudential Ponorogo?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulan, kemudian diadakan pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode induktif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan: Pertama, peranan pemimpin yang bersifat interpersonal dalam meningkatkan kinerja agen di Kantor Prudential Ponorogo yang dijalankan pemimpin, yaitu peranan pemimpin selaku simbol keberadaan organisasi, peranan pemimpin selaku leader, dan peranan pemimpin selaku penghubung. Kedua, dalam peranan pemimpin yang bersifat informational yang dijalankan pemimpin, yaitu peranan pemimpin selaku pemantau arus informasi, peranan pemimpin selaku pembagi informasi, dan peranan pemimpin sebagai juru bicara organisasi. Ketiga, peranan pemimpin dalam pengambilan keputusan dalam meningkatkan kinerja agen di Kantor Prudential Ponorogo yang dijalankan pemimpin, yaitu peranan pemimpin sebagai entrepeneur, dan peranan pemimpin sebagai peredam gangguan. Dalam peranan pemimpin sebagai pembagi sumber dana dan daya, pemimpin tidak memiliki wewenang untuk mengatur keuangan, seperti komisi, bonus dan lain-lain, serta penempatan para agen untuk jenjang karirnya. Wewenang tersebut hanya dimiliki oleh kantor pusat saja. Pemimpin hanya memiliki wewenang atas dua karyawannya dan pembayaran tagihan-tagihan kantor.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:52
Last Modified: 27 Sep 2021 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15959

Actions (login required)

View Item View Item