...(LENGKAPI WATERMARK, STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)....STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGANKU DI BANK MUAMALAT SOLO

Ramadan, Syahri (2021) ...(LENGKAPI WATERMARK, STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)....STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGANKU DI BANK MUAMALAT SOLO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NEW.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ramadan, Syahri. 2021. Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabunganku di Bank Muamalat Cabang Solo. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ridho Rokamah, S.Ag, M.S.I

Kata Kunci : Strategi, Product, Price, Prommotion, Place, Muamalat Cabang Solo

Permasalahan yang dialami Bank Muamalat didalam memasarkan produk tabunganku terhadap masyarakat khususnya di daerah pedesaan yaitu dikarenakan strategi promosi produk tabunganku yang dilakukan oleh bank muamalat hanya dilakukan di kota tempat kantor cabang itu berada yaitu di kerasidenan Surakarta, sedangkan kerasidenan Surakarta mempunyai berbagai kabupaten salah satunya kabupaten wonogiri yang secara geografis letaknya paling pelosok dibanding dengan kabupaten yang lain, maka dari itu bank muamalat tidak begitu memperhatikan strategi pemasarannya sampai ke pelosok kabupaten wonogiri, padahal potensi nasabah khususnya produk tabunganku cukup banyak. Dari sebab-sebab yang telah dijelaskan sehingga terjadi kurangnya pemahaman masyarakat, produk tabunganku menjadi kurang dikenal luas, kondisi masyarakat sebagian besar masih menganggap sama antara produk dari bank berprinsip syariah dan bank konvensional.
Berdasarkan identifikasi permasalahan yang diperoleh, maka penyusun merumuskan dua rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran yang sudah diterapkan di Bank Muamalat Cabang Solo dalam meningkatkan jumlah nasabah tabunganku, dan bagaimana dampak strategi pemasaran yang sudah diterapkan pada produk tabunganku untuk meningkatkan jumlah nasabah di Bank Muamalat Cabang Solo
Jenis penelitian yang digunakan oleh penyusun yaitu jenis penelitian lapangan (fieldresearch) dan menggunakan pendekatan secara kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Bank Muamalat yang beralamatkan di Jl. Slamet Riyadi No. 314 Solo. Teknik pengumpulan data yang digunakan penyusun yaitu observasi dan wawancara.
Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dari penerapan strategi pemasaran 4P, terdapat penerapan yang belum maksimal pada strategi prommotion (promosi). Karena masih banyak dari masyarakat yang belum memahami tentang produk tabunganku, dan juga sebagian masyarakat masih menganggap sama antara bank berprinsip syariah dengan bank konvensional. Setelah diterapkannya teori strategi pemasaran 4p dampak strategi pemasaran terhadap jumlah nasabah tabunganku di Bank Muamalat Solo sudah baik hal ini ditandai dengan jumlah nasabah produk tabunganku yang mulai mengenali kelebihan dari produk yang ditawarkan oleh Bank Muamalat Solo karena Bank Muamalat juga sudah memperluas jangkauan promosinya sehingga berangsur mengalami peningkatan jumlah nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:50
Last Modified: 27 Sep 2021 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15957

Actions (login required)

View Item View Item