...(lengkapi lembar persetujuan ber ttd dan stempel asli, dan lembar persetujuan publikasi, upload ulang)...Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Ponorogo Pada Proses Pembelajaran Dalam Prespektif Psikologi Sosial

Ulwiyah, Widya Zulfa (2020) ...(lengkapi lembar persetujuan ber ttd dan stempel asli, dan lembar persetujuan publikasi, upload ulang)...Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Ponorogo Pada Proses Pembelajaran Dalam Prespektif Psikologi Sosial. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIDYA ZULFA ULWIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zulfa Ulwiyah, Widya. 2020. Kepribadian Ekstovert dan Introvert Pada Siswa Kelas

VII G SMP Negeri 2 Ponorogo Pada Proses Pembelajaran Dalam Prespektif

Psikologi Sosial (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan

Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut

Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S.Ag,

M.Si.

Kata Kunci: Kepribadian, Kepribadian Ekstrovert dan Introvert, Proses Pembelajaran, Interaksi, Metode Pembelajaran Diskusi, komunikasi Sosial

Dalam situasi belajar mengajar di dalam kelas tentunya membentuk sebuah interaksi antara guru dengan peserta didik maupun peserta didik dengan teman sebayanya. Dan setiap masing-masing anak tersebut memiliki perbedaan dalam kepribadian, sehingga berbeda pula ketika sedang menanggapi atau pun merespon dalam pembelajaran di dalam ruang kelas. Dengan demikian, interaksi tersebut menimbulkan perilaku, dan perilaku adalah bentuk dari psikologi sosial. Kepribadian memiliki perbedaan, yakni Ekstrovert dan Introvert. Dengan perbedaan kepribadian yang dimiliki oleh siswa ini, tentunya juga reaksi dan interaksi mereka berbeda pada saat pembelajaran berlangsung.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial seorang siswa berkepribadian Ekstrovert dengan seorang siswa berkepribadian introvert. Pada saat pembelajaran di ruang kelas sedang berlangsung, ketika menggunakan metode pembelajaran yang berbeda dalam pembelajaran IPS.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Kualitatif deskriptif yang memiliki karakteristik alami dan mementingkan proses. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi waktu. Teknik analisis menggunakan analisis model Miles & Huberman dengan menggunakan langkah-langkah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan interaksi antara kepribadian ekstrovert dan introvert ketika menggunakan metode pembelajaran dan belajar IPS (2) untuk siswa dengan kepribadian introvert lebih cocok menggunakan metode diskusi, sedangkan kepribadian ekstrovert mampu menyesuaikan diri (3) interaksi sosial tercipta dengan baik dengan demikian sesuai dengan psikologi sosial yang mana mereka mampu berperilaku, berpikir, dalam konteks situasi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:12
Last Modified: 23 Sep 2021 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15955

Actions (login required)

View Item View Item