Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2017 IAIN Ponorogo)

Akhidah, Linafsihi Kholifatun (2021) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2017 IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717096_Linafsihi Kholifatun Akhidah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kholifatun Akhidah, Linafsihi. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2017 IAIN Ponorogo). Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Ely Masykuroh, SE., M.S.I.

Kata kunci: Konsumtif, Strata, Circle.

Perilaku konsumtif merupakan suatu tindakan mengkonsumsi barang dan jasa tidak berdasarkan kebutuhan tetapi untuk keinginan dan kepuasan semata. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan perilaku konsumtif pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2017 IAIN Ponorogo tergolong tinggi. Mahasiswa merupakan remaja yang lebih mudah terpengaruh pola hidup konsumtif atau pola hidup konsumsi yang berlebihan terutama melalui siklus pertemanan yang sangat memengaruhinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah status sosial ekonomi orang tua dan kelompok teman sebaya berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap perilaku konsumtif pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2017 IAIN Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer. Sampel sebanyak 75 Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2017 IAIN Ponorogo yang diambil secara simple random sampling. Metode analisis data dengan metode Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,028 < 0,05, variabel kelompok teman sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, variabel status sosial ekonomi orang tua dan kelompok teman sebaya berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa ditunjukkan dengan hasil Fhitung > Ftabel sebesar 57,457>3,122 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi menunjukkan hasil variabel independen yaitu status sosial ekonomi orang tua dan kelompok teman sebaya, mampu menjelaskan variabel dependen yaitu perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 61,5% sedangkan 38,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:10
Last Modified: 23 Sep 2021 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15951

Actions (login required)

View Item View Item