Gaya Kepemimpinan Legal Rasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Mi Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo

Mesnadi, Ahmad (2021) Gaya Kepemimpinan Legal Rasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Mi Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
tesis aplod.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang dikelola oleh para ustadz dan guru yang nota bene di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Ponorogo. Kepala MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo mempunyai cara khusus untuk mengelola lembaganya. Kharisma yang dimiliki kepala madrasah berimplikasi positif kepada kinerja guru, sehingga proses belajar mengajar di madrasah berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan implementasi gaya kepemimpinan legal rasional kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo, 2) mengkritisi kendala implementasi gaya kepemimpinan legal rasional kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo,3) menganalisis implikasi gaya kepemimpinan legal rasional kepala madrasah terhadap peningkatan kinerja guru di MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah studi kasus, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi: kegiatan reduksi data, penyajian, data dan penarikan kesimpulan. Hasil penilitian ini adalah: 1) Implementasi gaya kepemimpinan legal rasional kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru di MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo, nampak pada karakter dan visinya yang tegas. Kepala Madrasah memiliki perilaku yang dapat dipercaya anggotanya, memiliki ideologi yang jelas, cita-cita dan tujuan bersama yang disalurkan dalam musyawarah, memiliki visi yang menarik untuk masa depan organisasi, memberi contoh agar ditiru oleh anggotanya, mengkomunikasikan harapan harapan melalui rapat yang diadakan satu bulan sekali atau dua bulan sekali dan memberikan motivasi dan tugas. 2) Kendala yang dihadapi oleh Kepala Madrasah dalam peningkatan kinerja guru, terletak pada kualitas SDM guru khususnya dalam penggunaan strategi atau metode pembelajaran, dan sebagian guru ada yang belum menguasai teknologi pendidikan. Selain itu, kurangnya ruang belajar dan keterbatasan media atau alat pembelajaran juga menjadi kendala. 3) Implikasi gaya kepemimpinan legal rasional kepala madrasah terhadap peningkatan kinerja guru di MI Ma’arif Mayak dapat dirasakan dan dilihat dari usaha-usaha yang dilakukan para guru-guru untuk membuat sekolah tersebut berkembang dan maju. Kharisma kepala madrasah di MI Ma’arif Mayak Tonatan berimplikasi pada kinerja guru yang baik sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:09
Last Modified: 23 Sep 2021 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15949

Actions (login required)

View Item View Item