MOTIVASI SANTRI DALAM BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN TAHFIZDUL QUR'AN AL-HASAN BABADAN PONOROGO)

Absor, M Ulil (2021) MOTIVASI SANTRI DALAM BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN TAHFIZDUL QUR'AN AL-HASAN BABADAN PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717117_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Absor, Muhammad Ulil. Motivasi Santri Dalam Berwirausaha (Studi kasus Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo). Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah.
Kata Kunci : Wirausaha, Santri, Motivasi Santri.
Pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo merupakan sebuah lembaga keagamaan yang fokus bagi para penghafal Al-Qur’an/Hafidzul Qur’an, didirikan dapat menjadi wasilah bagi orang yang menginginkan memperdalam Ilmu Al-Qur’an beserta sanad Al-Qur’an. Dalam kurikulum pesantren belum ada pendidikan khusus mendalami ilmu wirausaha, akan tetapi para santri baik putra maupun putri telah mendapatkan motivasi wirausaha. Walaupun para santri hidup di dalam lembaga keagamaan yang fokus untuk menghafal Qur’an, mereka tetap memiliki waktu untuk mengembangkan wirausaha yang sedang dijalankan.
Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis aktifitas kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo. (2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang memotivasi santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan dalam berwirausaha. Adapun jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sesuai teori yang peneliti paparkan, penelitian ini menghasilkan bahwa santri yang hidup di dunia wirausaha termotivasi oleh beberapa hal yaitu faktor keinginan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari disebabkan begitu bervariasinya segala kebutuhan setiap individu, adanya rasa keterpaksaan, dari dari sendiri hal ini karena jika dari diri sendiri tidak ada/kurang ada dorongan maka wirausaha yang dijalankan akan vakum, meringankan beban orang tua karena dengan menjalankan wirausaha mandiri walaupun masih dapat diakatakan kecil mampu meringankan sedikit pengeluaran untuk keluarga, faktor keluarga di mana keluarga di sini sangat berperan aktif dalam pembentukan motivasi santri mempunyai wirausaha karena dari jejak keluarga yang berwirausaha maka santri akan cencerung mengikuti jejak keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Sep 2021 01:56
Last Modified: 15 Sep 2021 01:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15943

Actions (login required)

View Item View Item