Citra Perempuan Muslimah Dalam Iklan Shampo Sunslik Hijab Perfume Selection Versi Laudya Cynthia Bella (2020) (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Af'idah, Neila Shofiatul (2021) Citra Perempuan Muslimah Dalam Iklan Shampo Sunslik Hijab Perfume Selection Versi Laudya Cynthia Bella (2020) (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-THESES NEILA (211017023).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Af’idah, Neila Shofiatul. 2021. Citra Perempuan Muslimah Dalam Iklan Shampo Sunslik Hijab Perfume Selection versi Laudya Cynthia Bella (2020) (Analisis Semotika Charles Sanders Peirce). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Kata Kunci: Iklan, Citra Perempuan Muslimah, Semiotika Charles Sanders Peirce
Televisi merupakan media massa yang sering ditonton oleh masyarakat karena mengandung nilai informasi dan hiburan dengan audio visualnya. Televisi menghadirkan berbagai program acara setiap hari, salah satunya iklan. Iklan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan berisi informasi tentang sebuah produk barang maupun jasa dari produsen kepada konsumen. Sekarang ini, tayangan iklan di media televisi banyak yang menggunakan perempuan sebagai objek untuk mengiklankan sebuah produk serta untuk memperkuat daya jual produk. Penggunaan model perempuan dalam iklan, tentunya tidak terlepas dari pembentukan citra sebagai bentuk penggambaran seseorang dalam sebuah produk yang diiklankan. Salah satuya iklan shampo Sunslik Hijab Perfume Selection versi Laudya Cynthia Bella. Iklan shampo Sunslik Hijab Perfume Selection menggambarkan perempuan muslimah dengan mengenakan busana muslimah berhijab yang tidak memperlihatkan auratnya.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana ikon, indeks dan simbol pada iklan shampo Sunslik Hijab Perfume Selection versi Laudya Cynthia Bella. Kedua, Bagaimana citra perempuan muslimah yang ditampilkan dalam iklan shampo Sunslik Hijab Perfume Selection versi Laudya Cynthia Bella. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda ikon, indeks dan simbol pada iklan dan mengetahui citra perempuan muslimah yang ditampilkan dalam iklan shampo Sunslik Hijab Perfume Selection.
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif analisis Semiotika Charles Sanders Peirce, yakni ikon, indeks dan simbol. Teknik pengumpulan data penelitian dengan observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan. Pertama, Ikon, indeks dan simbol pada iklan shampo Sunslik Hijab Perfume Selection versi Laudya Cynthia Bella mempresentasikan seorang model perempuan muslimah yang ditandai dengan pakaian muslim berhijab yang digunakan oleh model iklan sebagai bentuk ketaatan terhadap Allah SWT. Kedua, Perempuan muslimah dicitrakan sebagai citra pigura secara biologis dan budaya (agama). Citra biologis dengan kecantikan fisik, inner beauty dan postur tubuh perempuan yang tertutup dengan busana muslim.Citra pigura dari aspek agama ditunjukkan pada busana muslim berhijab yang dikenakan longgar, tidak tipis, sempit yang menutupi seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Sep 2021 01:55
Last Modified: 15 Sep 2021 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15942

Actions (login required)

View Item View Item