Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Perlindungan Konsumen Dan Karyawan Di Pabrik Roti Mojang Nova Siman Ponorogo

Ma'idah, Nur (2020) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Perlindungan Konsumen Dan Karyawan Di Pabrik Roti Mojang Nova Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716032_Nur Ma'idah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Ma’idah, Nur. NIM: 210716032, 2020. “Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Perlindungan Konsumen Dan Karyawan Di Pabrik Roti Mojang Nova Siman Ponorogo”. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah.
Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Perlindungan Konsumen, Perlindungan Karyawan.
Memiliki wirausaha yang handal dalam jumlah memadai akan mampu menggerakkan perekonomian suatu negara. Peran para entrepreneur dalam menentukan kemajuan suatu bangsa atau negara telah dibuktikan oleh beberapa negara maju. Namun, hal yang tidak boleh terlupakan adalah bahwasannya kesuksesan dalam segala bisnis adalah menyediakan produk yang baik dalam memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan. Itu semua menuntut adanya pemenuhan beberapan unsur yang ada dalam etika bisnis Islam, yang seharusnya diupayakan untuk diterapkan oleh pengusaha di unit bisnisnya, dan inilah yang banyak terlewatkan oleh para pengusaha.
Dilatarbelakangi dari hal-hal di atas, maka peneliti tertarik untuk menjadikannya sebagai tugas akhir dengan mengambil salah satu sampel sebuah unit usaha di Kabupaten Ponorogo, yaitu; Pabrik Roti Mojang Nova Siman Ponorogo. Adapun rumusan masalah yang peneliti angkat antara lain; 1). Bagaimana penerapan perlindungan konsumen dan karyawan di pabrik roti Mojang Nova Siman Ponorogo ? 2). Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap penerapan perlindungan konsumen dan karyawan di pabrik roti Mojang Nova Siman Ponorogo ?
Metode penelitian yang diambil adalah pendekatan penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan. Sumber data diambil dari produsen/ owner pabrik, karyawan, konsumen/ pembeli melalui interview, observasi dan dokumentasi. Dalam pengolahan data peneliti melakukan tahapan-tahapan yang berupa; reduksi data, penyajian data dan penyimpulan.
Teknik analisa data kualitatif dimulai dengan menelaah data-data yang diperoleh di lapangan di berbagai sumber baik melalui wawancara, observasi, maupun studi dasar skunder. Data-data tersebut kemudian dibaca, ditelaah, dan dianalisa isi ekspresi baik secara variable non variable sehingga dapat ditemukan maksud atau ungkapan yang dapat menjelaskan informasi yang berada di balik suatu fenomena atau ucapan. Untuk memperkecil bias kesalahan yang mungkin terjadi maka dilakukan metode triangulasi (pemeriksaan silang) terhadap informasi yang bertujuan untuk melakukan cek ulang terhadap informan terhadap suatu informasi. Terkait hal ini peneliti melakukan beberapa cara dalam hal pencatatan lapangan, adalakanya manual; dalam artian catatan kertas dan adakalanya pencatatan dilakukan dengan media smartphone yang nantinya didukung dengan foto-foto yang dibutuhkan.
Setelah dilakukan penelitian serta analisis, maka diperoleh kesimpulan bahwa; 1). Penerapan perlindungan konsumen dan karyawan di pabrik roti Mojang Nova Siman Ponorogo belum terlaksana secara optimal, karena aspek cakupan perlindungan konsumen belum terpenuhi secara total, ini dari sisi perlindungan konsumen. Kemudian dari sisi perlindungan karyawan, dikarenakan pada aspek hukum perlindungan karyawan juga belum terpenuhi secara keseluruhan. 2). Dari sisi tinjauan etika bisnis Islam terhadap penerapan perlindungan konsumen dan karyawan di pabrik roti Mojang Nova Siman Ponorogo pun diperoleh kesimpulan; belum sampai pada kategori yang sesui, karena dari aspek nilai-nilai atau prinsip-prinsip etika bisnis Islamnya belum terpenuhi secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Sep 2021 06:18
Last Modified: 10 Sep 2021 06:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15941

Actions (login required)

View Item View Item