..(LENGKAPI MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)... NILAI-NILAI PROSOSIAL DALAM FILM JEMBATAN PENSIL DAN RELEVANSINYA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PENERAPAN ASMAUL HUSNA AR-RAHMAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Sariyasin, Mugita Sariyasin (2021) ..(LENGKAPI MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)... NILAI-NILAI PROSOSIAL DALAM FILM JEMBATAN PENSIL DAN RELEVANSINYA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PENERAPAN ASMAUL HUSNA AR-RAHMAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617156_MUGITA SARIYASIN_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sariyasin, Mugita. 2021. Nilai-Nilai Prososial Dalam Film Jembatan Pensil dan Relevansinya Dalam Meningkatkan Perilaku Penerapan Asmaul Husna Ar-Rahman pada Anak Usia Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Lukman Hakim, M. Pd.
Kata kunci: Nilai Prososial, Film Jembatan Pensil, Relevansi, dan Penerapan Asmaul Husna Ar-Rahman.
Merebaknya penggunaan fitur gadget yang kurang tepat dapat menurunkan nilai-nilai prososial dalam kehidupan. Padahal kita adalah makhluk sosial yang terkadang membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu, nilai-nilai prososial harus ditanamkan pada generasi sejak usia dini. Salah satu upaya penanaman tersebut adalah melalui media pembelajaran seperti film. Film dianggap sebagai media proyeksi yang mampu menggantikan model nyata. Nilai-nilai prososial dan penerapan perilaku Ar-Rahman sangat penting untuk diaplikasikan dalam kehidupan, apalagi jika ditanamkan kepada anak usia sekolah dasar mengingat saat ini generasi muda banyak yang kehilangan karakter dan kepedulian sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nilai-nilai prososial yang terdapat dalam Film Jembatan Pensil yang disutradarai oleh Hasto Broto, dan (2) mengetahui relevansi dari nilai-nilai prososial dalam Film Jembatan Pensil untuk meningkatkan perilaku penerapan Asmaul Husna Ar-Rahman pada anak usia Sekolah Dasar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Data dokumentasi diperoleh dari adegan Film Jembatan Pensil, sedangkan beberapa data sekunder diperoleh dari wawancara penulis skenario dan sutradara Film Jembatan Pensil. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1). nilai-nilai prososial yang terdapat di dalam Film Jembatan Pensil diantaranya yaitu sikap tolong menolong, berbagi, kerjasama, jujur, berderma, persahabatan, menyelamatkan, dan pengorbanan, (2). nilai-nilai prososial memiliki relevansi dengan Asmaul Husna Ar-Rahman. Keduanya relevan karena memiliki unsur empati. Penulis mencoba meningkatkan perilaku prososial dan Asmaul Husna Ar-Rahman pada anak usia sekolah dasar melalui Film Jembatan Pensil. Dikarenakan keduanya memiliki keterkaitan, diharapkan ketika nilai-nilai prososial dapat ditingkatkan maka secara tidak langsung dapat meningkatkan perilaku penerapan Asmaul Husna Ar-Rahman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jul 2021 09:07
Last Modified: 21 Jul 2021 09:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15924

Actions (login required)

View Item View Item