Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII C Di SMPN 2 Dolopo Tahun Ajaran 2018/2019

Fanani, Firdaus Zainul (2019) Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII C Di SMPN 2 Dolopo Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
BAB final.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fanani, Firdaus Zainul. 2019. Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII C di SMPN 2 Dolopo Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mukhibat, M.Ag
Kata Kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Efektivitas Pembelajaran

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurikulum K13 yang baru dan mendadak diterapkan pada suatu sekolah tanpa diimbangi kesiapan oleh sekolah itu sendiri akan membuat pembelajaran di sekolah itu terganggu. Hal ini dikarenakan dengan berubahnya kurikulum sekolah pasti akan berdampak dan merubah komponen” lain pada sekolah tersebut, salah satunya ialah kegiatan belajar didalam kelas. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran yang diharapkan efektif pada kurikulum K13 malah justru menjadi tidak efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan efektivitas pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII C di SMPN 2 Dolopo tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan data bagi guru mengenai efektif tidaknya pembelajaran yang terjadi didalam kelas sehingga guru dapat memperbaiki diri dan lebih meningkatkan lagi kualitas pembelajaran yang ia lakukan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, pengambilan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, data observasi diperoleh dari kegiatan pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII C, data wawancara diperoleh dari informan bagian kurikulum dan juga guru PAI kelas VIII C di SMPN 2 Dolopo, Peserta didik SMPN 2 Dolopo, dan data dokumentasi diperoleh dari tata usaha SMPN 2 Dolopo, dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk kalimat dalam pembahasan penelitian ini.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penyusunan RPP dilakukan oleh guru berpedoman pada silabus yang telah disesuaikan oleh wakakurikulum. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terdiri dari alokasi waktu berupa : pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, metode pembelajaran, sumber belajar, media belajar, materi pembelajaran, indikator dan tujuan pembelajaran (2) Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan oleh guru diantaranya melakukan kegiatan pembuka (memberi salam dan berdo’a, mengabsen siswa, menyampaikan KI, KD dan tujuan yang akan dicapai) kegiatan inti (ceramah menyampaikan materi kemudian membagi siswa menjadi kelompok” untuk berdiskusi mengenai materi yang disampaikan dan siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas), kegiatan penutup (guru memberikan masukan dan motivasi kemudian berdoa). (3) Efektivitas tidaknya pelaksanaan pembelajaran didasarkan pada tiga hal, yakni : kesesuaian antara RPP dengan Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru, respon dan tanggapan siswa kelas VIII C terhadap pembelajaran yang dilakukan dan hasil dari penilaian pembelajaran bab Akhlak Terpuji (Jujur).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jul 2021 02:59
Last Modified: 13 Jul 2021 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15914

Actions (login required)

View Item View Item