(LENGKAPI TTD PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN BERSETEMPEL, TTD PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DAN TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP JUAL BELI LAGU MP3 DI RHIFA CELL DESA WAGIRKIDUL KEC. PULUNG KAB. PONOROGO

Maulana, Alfan Huda (2017) (LENGKAPI TTD PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN BERSETEMPEL, TTD PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DAN TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP JUAL BELI LAGU MP3 DI RHIFA CELL DESA WAGIRKIDUL KEC. PULUNG KAB. PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210212103_Alfan Huda Maulana_Muamalah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Maulana, Alfan Huda. 2016. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Lagu Mp3 Di Rhifa Cell Desa Wagirkidul Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Program Studi Muamalah Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Aji Damanuri, M.E.I

Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Jual Beli, Lagu Mp3

Ulama’ telah sepakat bahwa jual beli diperbolehkan dengan alasan bahwa manusia tidak akan mampu mencukupi kebutuhan dirinya tanpa bantuan orang lain. Bantuan atau barang milik orang lain yang dibutuhkan itu, harus diganti dengan barang lainnya yang sesuai. Misalnya saja yang terjadi di toko Rhifa Cell yang berada di Desa Wagirkidul Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo, toko ini menyedikan beberapa fasilitas, diantaranya yaitu jasa isi lagu yang dijual dengan sistem paket, dengan harga yang relatif murah pembeli sudah bisa menikmati duplikatan lagu yang berupa file dengan format Mp3 sebanyak 300 file lagu, itu pun pembeli bebas memilih lagu dari berbagai artis dan berbagai macam genre lagu, mulai dari pop sampai dangdut yang pembeli suka tanpa harus susah payah membeli kasat atau CD originalnya. Akan tetapi, dalam kegiatannya pihak Rhifa Cell tidak meminta izin kepada pencipta/pemegang hak cipta.
Berangkat dari masalah tersebut penulis akan membahas tentang etika bisnis Islam jual beli lagu Mp3 di Rhifa Cell Desa Wagirkidul kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap jual beli lagu Mp3 tanpa izin pencipta di Rhifa Cell Desa Wagirkidul Kec.Pulung Kab. Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap mekanisme jual beli lagu Mp3 di Rhifa Cell Desa Wagirkidul Kec.Pulung Kab. Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penelitian menggunakan metode wawancara,studi kepustakaan kemudian dianalisa.
Dari hasil pembahasan dan analisa dapat diperoleh kesimpulan bahwa etika bisnis Islam terhadap jual beli lagu Mp3 tanpa izin pencipta di Rhifa Cell, bahwa jual beli lagu Mp3 yang dilakukan oleh Rhifa Cell tidak memenuhi etika bisnis Islam, karena melanggar prinsip-prinsip etika dalam berbisnis. Sedangkan dalam etika bisnis Islam terhadap mekanisme jual beli lagu Mp3 di Rhifa Cell dalam al-Qur’an, pelaku bisnis dilarang berbuat zalim (curang) baik bagi dirinya sendiri maupun kepada pelaku bisnis yang lain. Dalam hal ini jika kita kaitkan dengan penjualan lagu Mp3 tanpa izin yang dilakuakan, maka terdapat pihak yang dirugikan oleh pihak Rhifa Cell, yaitu pencipta/pemegang hak cipta. Sehingga pihak Rhifa Cell telah melakukan kezaliman bagi pelaku bisnis lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jul 2021 01:47
Last Modified: 12 Jul 2021 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15912

Actions (login required)

View Item View Item