..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Peran Majlis Dzikir Al-Khidmah Dalam Membentuk Akhlak Dan Ukhuwah Islamiah Masyarakat Desa Trisono Babadan Ponorogo

Kusumawati, Anita (2021) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Peran Majlis Dzikir Al-Khidmah Dalam Membentuk Akhlak Dan Ukhuwah Islamiah Masyarakat Desa Trisono Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210315112_ANITA KUSUMAWATI_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kusumawati Anita, 2021. Peran Majlis Dzikir Al-Khidmah Dalam Membentuk Akhlak dan Ukhuwah Islamiah Masyarakat Desa Trisono Babadan Ponorogo. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.

Kata Kunci: Al-Khidmah, Akhlak, Ukhuwah Islamiah.

Akhlak merupakan hal yang berpengaruh dalam menjalani kehidupan di keluarga dan masyarakat. Akhlak menyangkut hal yang berhubungan dengan perbuatan baik, buruk, benar dan salah dalam tindakan seseorang manusia yang berpedoman dengan Al-Quran dan Al-Hadits. Fenomena yang terjadi di masyarakat yang berpengaruh terhadap akhlak yaitu zaman globalisasi yang telah banyak mempengaruhi generasi muda islam, hilangnya rasa hormat diantara sesama manusia kemudian permasalan sosial yang timbul di anggota keluarga, masyarakat bahkan bangsa yang ditimbulkan karna kurangnya rasa kepedulian, menghormati, menghargai pendapat dan sikap intoleransi antar sesama.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa kegiatan Majlis Dzikir Al-Khidmah. (2) Bagaimana peran Majlis Dzikir Al-Khidmah dalam membentuk akhlak kepada Allah, kepada Rasul, dan kepada masyarakat. (3) Bagaimana peran Majlis Dzikir Al-Khidmah dalam membentuk ukhuwah islamiah masyarakat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penjamin keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu menggunakan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, display dan penarikan kesimpulan.
Dalam penelitian ini penulis dapat menyimpulkan hasilnya sebagai berikut: (1) Kegiatan yang diadakan Majlis Dzikir Al-Khidmah Desa Trisono Babadan Ponorogo yaitu kegiatan rutinan dilaksanakan sebulan empat kali dengan tempat bergantian sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan, dalam rutinan tersebut isi dari kegiatannya adalah berdzikir, pembacaan maulid, pembacaan manaqib, ceramah agama dan doa. (2) Peran Majlis Dzikir Al-Khidmah dapat membentuk akhlak kepada Allah menjadi lebih baik dengan bertambahnya kualitas dan kuantitas ibadah, akhlak kepada Rasulullah yang istiqomah dengan selalu mengikuti suri tauladan Rasul, dan pembentukan akhlak pada masyarakat Desa Trisono Babadan Ponorogo yaitu masyarakat menjadi lebih tenang dan tentram, masyarakat berperilaku sopan santun, ramah dan menghargai orang lain. (3) Ukhuwah Islamiah yang mencakup ukhuwah ubudiyah, ukhuwah insaniyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah fidin al-Islamiah. Yang menumbuhkan rasa saling memahami, tolong menolong, dan tenggang rasa. Sehingga tercipta solidaritas kuat, persatuan dan kesatuan kokoh, dan kerukunan hidup yang terjamin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jul 2021 01:33
Last Modified: 05 Jul 2021 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15905

Actions (login required)

View Item View Item