Manajemen Humas dalam Pengembangan Citra Lembaga di SD Muhammadiyah I Ponorogo

Ardyanto, Muhamad Riza (2021) Manajemen Humas dalam Pengembangan Citra Lembaga di SD Muhammadiyah I Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211216004_M. RIZA ARDYANTO_MPI.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ardyanto, Muhamad Riza. 2021. Manajemen Humas dalam Membangun Citra lembaga di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Humas, Membangun, Citra Lembaga
Lembaga persekolahan merupakan bagian penting bagi keberlangsungan pendidikan Indonesia. Lembaga-lembaga pendidikan dapat berjalan dengan baik karena ada manajemen yang baik pula termasuk dalam mengatur bagaimana agar sekolah terlihat baik citranya di mata khalayak umum yaitu dengan menggunakan manajemen humas. Pada skripsi ini peneliti mengambil objek Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Ponorogo untuk diteliti lebih dalam bagaimana konsep manajemen humas yang berjalan. Peneliti memilih SD tersebut untuk diteliti karena dari luar sekolah tersebut terlihat berkualitas dan mempunyai prestasi sampai ke kancah Internasional. Namun dalam ranah manajemen apakah juga benar-benar berjalan dengan baik?.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui tahapan manajemen humas dalam mengembangkan citra pendidikan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Ponorogo. (2) Untuk mengetahui keberhasilan manajemen humas dalam mengembangkan citra pendidikan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti mengambil metode penelitian kualitatif deskriptif. Untuk melengkapi data peneliti melakukan wawancara kepada koresponden seperti kepala bagian kehumasan, kepala sekolah, guru, dan wali siswa. Selain itu peneliti juga melakukan observasi dan mendokumentasikan data yang diperlukan.
Berdasarkan data yang ditemukan di SD Muhammadiyah 1 Ponorogo (1) pihak SD telah melaksanakan tahapan manajemen humas secara baik mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan serta evaluasi. (2) Bagian kehumasan juga mengeluarkan produk berupa majalah sekolah ‘Al-Wara’ yang terbit setiap tiga bulan sekali, mempublikasikan informasi dan prestasi sekolah di website dan media sosial resmi sekolah. Selain itu setiap bulannya pihak sekolah juga memperbarui banner informasi yang dipasang di depan gedung sekolah. Produk-produk tersebut merupakan hasil dari baiknya tahapan-tahapan manajemen humas yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:11
Last Modified: 29 Jun 2021 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15902

Actions (login required)

View Item View Item