Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jenangan Ponorogo tahun Ajaran 2019/2200

Rahmawati, Lilik (2020) Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jenangan Ponorogo tahun Ajaran 2019/2200. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616217_LILIK RAHMAWATI_PGMI._.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rahmawati, Lilik. 2020. Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Fasilitas Belajar Siswa terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.

Kata kunci : Pengelolaan kelas, Fasilitas belajar Motivasi belajar

Guru sangat berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dari hasil pengamatan di SD Negeri 1 Jenangan khususnya kelas IV bahwa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan dan ribut sendiri di dalam kelas. Oleh karena itu, guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Agar siswa termotivasi dan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran maka, sangat diperlukan keterampilan-keterampilan guru dalam mengajar sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Keterampilan-keterampilan yang perlu dikuasai oleh guru antara lain keterampilan bertanya dasar, keterampilan bertanya lanjut, keterampilan memberi penguatan (reinforcement), keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan mengelola kelas, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Ada tidaknya pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jenangan Ponorogo, (2) ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jenangan Ponorogo, (3) ada tidaknya pengaruh pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jenangan Ponorogo.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Rancangan yang digunakan adalah ex-post-facto. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Jenangan Ponorogo dengan jumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga sampel yang diambil adalah 23 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Variabel pengelolaan kelas berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2019/2020 dengan pengaruh sebesar 69,8%. Dengan model persamaan regresinya adalah Y = -1,535 + 1,064.X. (2) Variabel fasilitas belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Dengan besar pengaruh sebesar 75,5%. Dengan model persamaan regresinya adalah Y = 12,962 + 0,831 X2.(3) Variabel pengelolaan kelas dan fasilitas belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Dengan besar bengaruh sebesar 0,844 Atau 84,4%. Adapun model persamaan regresinya adalah Y = -6,079 + 0,551 X1 + 0,531 X2

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2021 06:46
Last Modified: 28 Jun 2021 06:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15901

Actions (login required)

View Item View Item