pengaruh kerjasama orangtua dan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas v ar-rahman di mi ma’arif setono ponorogo

wardani, ika (2021) pengaruh kerjasama orangtua dan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas v ar-rahman di mi ma’arif setono ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ika Wardani (PGMI) 2021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Kerjasama Orangtua, Kerjasama Guru, hasil belajar
Kerjasama merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama orangtua dan guru sangat diperlukan dalam pembimbingan anak hususnya di era pandemi ini. Kesinambungan diantara keduanya akan memberikan dampak pada hasil belajar siswa. Berdasar pada hasil observasi yang btelah dilakukan, menunjukkan hasil UTS siswa kelas V Ar-Rahman di MI Ma’arif Setono Ponorogo terdapat beberapa nilai siswa yang nilainya dibawah KKM untuk beberapa mata pelajaran.
Didalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) pengaruh kerjasma orangtua dalam menigkatkan hasil belajar siswa kelas V Ar-Rahman di MI Ma’arif Setono Ponorogo, (2) pengaruh kerjasma guru dalam menigkatkan hasil belajar siswa kelas V Ar-Rahman di MI Ma’arif Setono Ponorogo, (3) pengaruh kerjasma orangtua dan guru dalam menigkatkan hasil belajar siswa kelas V Ar-Rahman di MI Ma’arif Setono Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan jenis Ex-Post Facto. Peneliti mengambil sampel jenuh sebanyak 18 orangtua siswa kelas 5 dan 18 guru dari 18 populasi. Untuk mengumpulkan data dilakukan melalui kuisioner (kerjasama orangtua X1 dan Kerjasama Guru X2) dan dokumentasi hasil belajar siswa kelas 5 (Y). Dan untuk menganalisis data menggunakan Rumus Regresi Linear Berganda dengan bantuan SPSS 22 dan juga MS. Excel.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa; (1) ada pengaruh yang signifikan antara kerjasama orangtua dan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas dengan sig. 0,003 < ),005. Dan besarnya prosentase pengaruh (R) ialah 54% sedangkan 46% dipengaruhi faktor yang lain. Dan dengan persamaan rgresinya ŷ = 42,961 + 0,116x1 +0,144x2.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2021 06:19
Last Modified: 08 Jul 2021 04:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15900

Actions (login required)

View Item View Item