PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU

Burhannudin, Nafi Alin (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
2121417064_NAFI ALIN BURHANNUDIN_TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nafi’ Alin Burhannudin. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata ‎Pelajaran Ips Terpadu. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Articulate Storyline 3
Pendidikan memiliki peranan penting guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Berbagai macam pembaharuan dalam aspek pendidikan dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan. Rendahnya pemanfaatan media pembelajaran yang terjadi pada mata pelajaran IPS Terpadu tentu menjadi masalah dalam proses belajar mengajar. Mata pelajaran ‎IPS merupakan mata pelajaran yang memiliki lingkup materi yang begitu luas. Keluasan ‎materi yang meliputi Negara Negara Asean dan berbagai karakteristiknya menjadi ‎tantangan tersendiri bagi guru untuk bisa memberikan pemahaman kepada siswa terkait ‎materi tersebut. Untuk meningkatkan proses pembelajaran, maka guru dituntut untuk membuat pembelajaran menjadi lebih inovatif yang mendorong siswa dapat belajar secara optimal dan efektif baik itu dengan belajar mandiri maupun dengan pembelajaran di kelas.
Penelitian pengembangan ini di lakukan di MTs An-Najihah Madiun pada tahun ajaran 2020/2021. Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan ini untuk menciptakan media pembelajaran yang valid dan efektif serta mendapatkan respon yang baik. Media dan metode pembelajaran yang menarik dan inovatif akan memudahkan guru untuk meningkatkan minat, motivasi dan pemahaman siswa dalam menyerap materi pembelajaran.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian pengembangan yang disesuaikan rumusan masalah dengan menggunakan model pengembangan model pengembangan Borg & Gall yang dibatasi sampai 6 tahap yaitu; 1) Penelitian dan pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan produk, 4) Validasi produk, 5) Revisi produk, dan 6) Uji coba produk. Teknik data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitian ini berupa validasi media dan angket responden. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dan dikembangkan menjadi produk media pembelajaran dengan mengelola data dari sumber, kemudian menghitung hasil dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian data ditemukan bahwa media pembelajaran Articulate Stroyline 3 yang divalidasi oleh dosen ahli media memperoleh nilai presentase akhir sebesar 86,9% masuk pada kategori sangat layak, dan divalidasi ahli materi dengan nilai presentase akhir sebesar 82,10% juga masuk pada kategori sangat layak, kemudian berdasakan respon siswa diperoleh nilai 80,87 % masuk pada kategori sangat menarik , dan dari respon guru diperoleh nilai 81% juga masuk pada kategori sangat menarik. Pada saat diujicobakan diperoleh hasil pretest dan posttest nilai rata – rata siswa 45 sebelum menggunakan media, dan 73,75 setelah menggunakan media. Berdasar KKM 70 diperoleh presentase sebesar 81,25 % dari total jumlah siswa yang mampu mencapai batas KKM. Maka dengan ini dapat disimpulkan media pembelajaran Articulate Stroyline 3 layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RISMA DWI ARISONA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2021 04:26
Last Modified: 28 Jun 2021 04:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15899

Actions (login required)

View Item View Item