Konsep Guru Profesional Dalam Buku Gurunya Manusia Karya Munif Chatib Dan Urgensinya Terhadap Kompetensi Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah

Salma, Azhar (2021) Konsep Guru Profesional Dalam Buku Gurunya Manusia Karya Munif Chatib Dan Urgensinya Terhadap Kompetensi Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617108_AZHAR SALMA_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Salma, Azhar. 2021. Konsep Guru Profesional dalam Buku Gurunya Manusia karya Munif Chatib dan Urgensinya terhadap Kompetensi Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru MI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Siti Zazak Soraya, M.Ed.
Kata Kunci: guru kelas MI, kompetensi guru, profesional
Kegiatan belajar mengajar yang tidak menarik mengakibatkan siswa malas dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar tersebut. Akibatnya, kualitas pembelajaran belum sepenuhnya sampai ke tahap tujuan pendidikan. Dalam pelaksanaan pendidikan peran guru adalah yang utama. Apalagi menjadi guru kelas Madrasah Ibtidaiyah yang dibebani tugas selain mengajar juga harus memiliki kemampuan kreativitas dalam merancang pembelajaran, sehingga mampu menarik siswa usia Madrasah Ibtidaiyah dalam melaksanakan aktivitas belajarnya. Jadi, menjadi guru kelas Madrasah Ibtidaiyah memiliki tugas utama mengetahui kebutuhan siswa Madrasah Ibtidaiyah. Sehingga sangat penting sekali guru kelas Madrasah Ibtidaiyah menyadari kompetensi yang dimiliki sebagai wujud untuk mencapai tangga profesionalitas guru sebagaimana yang diharapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan mengimplementasikan kompetensi yang disesuaikan dengan kebutuhan anak Madarasah Ibtidaiyah, guru kelas Madrasah Ibtidaiyah akan mencapai tingkatan profesional. Munif Chatib dalam bukunya Gurunya Manusia menawarkan berbagai cara agar guru dapat meraih tangga profesional dengan memperhatikan tiga ranah, yaitu paradigma, cara, dan komitmen. Ketiga ranah tersebut dapat menjadi jalan bagi guru untuk lebih profesional dalam menjalankan profesinya.
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui konsep guru profesional dalam buku Gurunya Manusia karya Munif Chatib ditinjau dari kompetensi guru kelas Madrasah Ibtidaiyah dan (2) untuk mengetahui urgensi konsep guru profesional dalam buku Gurunya Manusia karya Munif Chatib terhadap kompetensi guru kelas Madrasah Ibtidaiyah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan interpretatif dengan jenis kepustakaan (library research) yang bersifat analitis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis isi. Metode ini digunakan untuk menambah wawasan guru kelas MI dalam mengimplementasikan kompetesi secara profesional berdasarkan pemikiran Munif Chatib yang terdapat dalam buku yang berjudul Gurunya Manusia.
Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa (1) konsep guru profesional dalam buku Gurunya Manusia ditinjau dari kompetensi guru kelas Madrasah Ibtidaiyah adalah guru bisa disebut profesional apabila mampu mengimplementasikan empat kompetensi baik dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional secara optimal; (2) urgensi konsep guru profesional dalam buku Gurunya Manusia karya Munif Chatib bagi kompetensi guru kelas Madrasah Ibtidaiyah adalah (a) menyadarkan guru dalam menghadapi peserta didik yang masih memerlukan bimbingan dan dukungan dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan gaya belajar peserta didik, (b) memahamkan sikap yang seharusnya ditunjukkan oleh guru yakni sikap yang disenangi peserta didik, tanpa ada unsur sikap kekerasan, (c) memberikan gambaran tentang gaya berinteraksi yang baik dengan melakukan komunikasi secara efektif, (d) menyadarkan guru akan pentingnya menguasai materi yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:06
Last Modified: 28 Jun 2021 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15897

Actions (login required)

View Item View Item