Upaya Wali Asrama dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa- siswi Asrama Sekolah Dasar Islam Terpadu AL-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo.

Septiani, Dinda (2021) Upaya Wali Asrama dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa- siswi Asrama Sekolah Dasar Islam Terpadu AL-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
null.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Septiani, Dinda. 2021, Upaya Wali Asrama dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa- siswi Asrama Sekolah Dasar Islam Terpadu AL-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci: Semangat Belajar, Upaya Wali Asrama
Guru memegang peran yang sangat penting dalam kemajuan generasi penerus bangsa sebagai pendidik, terutama dalam upaya membentuk watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai bangsa. Demikian juga dalam hal menumbuhkan semangat belajarsiswa-siswi, semangat belajar sangat perlu ditumbuhkan dan ditingkatkan agar proses dan hasil dalam pembelajaran dapat tercapai sesuai tujuan. Semangat belajar yang kurang ini dialami oleh siswa-siswi di asrama SDIT Al-Mawaddah Coper, Jetis, Ponorogo. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian terkait upaya wali asrama atau guru pembimbing belajar dalam meningkatkan semangat belajar siswa-siswi di asrama.
Adapun tujuan-tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi atau upaya wali asrama dalam meningkatkan semangat belajar, untuk mengetahui faktor- faktor yang mendukung dan menghambat semangat belajar siswa-siswi serta mendeskripsikan hasil yang diperoleh wali asrama dalam meningkatkan semangat belajar siswa-siswi di asrama SDIT Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah wali asrama dan siswa-siswi asrama SDIT AL-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Sedangkan pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu membandingkan hasil wawancara dengan observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa (1) Upaya-upaya yang dilakukan wali asrama dalam meningkatkan semangat belajar adalah memberi bimbingan secara langsung kepada siswa-siswi di setiap kegiatan dan memberikan apresiasi atau penghargaan bagi siswa-sisiwi yang mendapatkan prestasi tinggi. (2) Faktor penghambat yang dihadapi dalam peningkatan semangat belajar ini yaitu kurangnya motivasi belajar, kemampuan siswa-siswi yang berbeda-beda, beberapa siswa-siswi masih belum bisa beradaptasi di lingkungan asrama serta latar belakang keluarga yang berbeda-beda.Sedangkan Faktor pendukung dalam peningkatan semangat belajar ini adalah antara siswa-siswi dan wali asramamenjadi satulingkungan di asrama akhirnya terjalin suatu komunikasi yang efektif dan bahan ajar yang memenuhi standar kurikulum.(3)Upaya-upaya yang dilakukan oleh wali asrama sangat membuahkan hasil yaitu semua wali asrama berperan aktif dan selalu ada di setiap kegiatan apapun terutama belajar, maka siswa-sisiwi dapat mengerjakan kegiatannya dengan maksimal dan mendapatkan nilai yang diinginkan dalam kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2021 01:35
Last Modified: 28 Jun 2021 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15894

Actions (login required)

View Item View Item