Perkembangan Pendidikan dan Hubungannya dengan Pendidikan Guru Sains di Beberapa Negara (Indonesia, Malaysia, Singapura).

Setiani, Ida (2021) Perkembangan Pendidikan dan Hubungannya dengan Pendidikan Guru Sains di Beberapa Negara (Indonesia, Malaysia, Singapura). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616117_IDA SETIANI_PGMI.pdf

Download (802kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Setiani, Ida. 2021. Perkembangan Pendidikan dan Hubungannya dengan Pendidikan Guru Sains di Beberapa Negara (Indonesia, Malaysia, Singapura). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Wirawan Fadly, M. Pd.
Kata Kunci: Perkembangan, Pendidikan, Guru, Pendidikan Sains
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menciptakan kondisi belajar dan proses pembelajaran supaya siwa dapat meningkatkan kemampuan yang ada pada dirinya agar mempunyai kekuatan spritual, keagamaan, akhlak mulia, pengendalian diri, kecerdasan, kepribadian dan keterampilan yang digunakan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui mengetahui perkembangan pendidikan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura, (2) mengetahui hubungan antara pendidikan dengan pendidikan guru sains di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.
Penelitian ini menggunakan metode literature review. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dan diterbitkan oleh penulis dari setiap jurnal yang diambil. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik documenter, dan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Setiap negara mengalami perkembangan pendidikan dari masa kemasa terutama negara-negara yang dijajah oleh negara lain. Dan setiap negara juga memiliki departemen pendidikan yang mengatur jalannya sebuah pendidikan pada suatu negara. Dari ketiga negera tersebut (Indonesia, Malaysia, Singapura) juga mengeluarkan sebuah kebijakan wajib belajar kepada seluruh wargannya. Kebijakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kuaitas penduduk dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan daya saing bangsa, peningkatan kehidupan sosial politik serta kesejahteraan masyarakat. (2) Hubungan antara pendidikan dengan pendidikan guru sains di ketiga negara tersebut memiliki keterkaitan yang sangat erat. Karena pendidikan guru sains memainkan peran yang sangat penting terhadap pendidikan, yaitu untuk meningkatkan kualitas guru sains dan juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada suatu negara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2021 04:15
Last Modified: 25 Jun 2021 04:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15891

Actions (login required)

View Item View Item