Penggunaan Google Form pada Kegiatan Evaluasi Belajar di MI Ma’arif Polorejo

Krisdayanti, Irene (2021) Penggunaan Google Form pada Kegiatan Evaluasi Belajar di MI Ma’arif Polorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI A5 FIX ETHESIS(2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Evaluasi digunakan untuk melihat sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai. Sebelum pandemi kegiatan evaluasi dilakukan secara offline dengan memperhatikan tiga aspek utama yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Ketika masa pandemi covid-19 mengharuskan siswa melakukan pembelajaran jarak jauh dan evaluasi juga dilaksanakan secara daring. MI Ma’arif Polorejo memilih google form untuk melakukan proses evaluasi pembelajaran. Minat siswa di MI Ma’arif Polorejo dalam mengerjakan soal di google formulir tinggi karena google formulir menyediakan banyak fitur, salah satunya berupa skor. Ketika selesai mengerjakan siswa dapat secara langsung mengetahui nilai yang mereka peroleh, sehingga siswa secara sengaja atau tidak dituntut untuk membaca materi agar dapat mendapatkan nilai yang baik.
Tujuan penelitian untuk (1) untuk mendeskripsikan kontinuitas penggunaan google form pada kegiatan evaluasi belajar di MI Ma’arif Polorejo, (2) untuk mendeskripsikan kekomprehensivan penggunaan Google form pada kegiatan evaluasi belajar di MI Ma’arif Polorejo, (3) untuk mendeskripsikan keadilan dan objektivitas penggunaan google form pada kegiatan evaluasi belajar di MI Ma’arif Polorejo, (4) untuk mendeskripsikan kekoopertivan penggunaan google form pada kegiatan evaluasi belajar di MI Ma’arif Polorejo, (5) untuk menjelaskan kepraktisan penggunaan google form pada kegiatan evaluasi belajar di MI Ma’arif Polorejo
Dalam penelitian ini digunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data ini diambil dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya ini menggunakan langkah- langkah Milles Huberman, yaitu tahab reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses evaluasi dengan menggunakan google form di MI Ma’arif Polorejo tidak digunakan secara terus menerus karena menyesuaikan tema dan mata pelajaran, selain itu agar anak tidak merasa jenuh dan bosan, (2) ketika pandemi di MI Ma’arif Polorejo tidak semua aspek bisa dinilai terutama aspek afektif dan psikomotorik yang kurang berjalan secara optimal, (3) dilihat dari segi keadilan, guru menilai adil ketika siswa dengan nilai standart pada pembelajaran luring mengalami kenaikan pada pembelajaran daring karena keterbatasan guru dalam mengajar serta tidak menekankan pada objektivitas, (4) MI Ma’arif Polorejo dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan evaluasi bekerja sama dengan semua pihak baik itu guru, siswa maupun wali siswa agar tercapai tujuan pembelajaran dan (5) dari segi kepraktisan penggunaan google form di MI Ma’araif Polorejo hemat waktu, biaya, tenaga dan kemudahan dalam menskor dan mengolahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2021 02:39
Last Modified: 25 Jun 2021 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15890

Actions (login required)

View Item View Item