Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab AlAkhlᾱqu Li Al-Banᾱt dan Ta'lῑm Al-Muta'allim serta Relevansinya dengan Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Religius

Andriani, Risa Ayu Pipit (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab AlAkhlᾱqu Li Al-Banᾱt dan Ta'lῑm Al-Muta'allim serta Relevansinya dengan Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Religius. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616118_RISA AYU PIPIT ANDRIANI_PGMI..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Andriani, Risa Ayu Pipit. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan
Akhlak dalam Kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt dan Ta'lῑm
Al-Muta'allim serta Relevansinya dengan Perpres No.
87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter
Religius. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo, Pembimbing Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan, Karakter Religius,
Akhlak, Kitab, Akhlak lil Banat, Ta’limul
Muta’alim.
Pengarang kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt adalah 'Umar
bin Ahmad Baraja' dan Kitab Ta'lῑm Al-Muta'allim adalah
karangan Syaikh al-Zarnuji, kitab ini juga merupakan kitab
yang terkenal tentang pemikiran pendidikan Islam yang
dikemukakan oleh al-Zarnuji. Melihat realita bahwa masalahmasalah akhlak sekarang terus berkembang nasehat terbaik
yang dipesankan Imam Ghazali dalam pendidikan ialah
memperhatikan masalah pendidikan anak itu sejak kecil, sejak
permulaan umurnya, karena bagaimana adanya seorang anak,
begitulah besarnya nanti. Kedua kitab tersebut berisikan
tentang adab dalam belajar. Sehingga dalam pembahasan kitab
yang mereka tulis sangat relevan dengan pendidikan akhlak.
Kedua kitab tersebut dapat membantu dalam memperbaiki
pendidikan akhlak saat ini yang mulai mengalami kemerosotan.
Serta dapat memberikan sumbangsih dalam Pendidikan
karakter. Tingginya angka kenakalan dan kurangnya sikap
sopan santun peserta didik dipandang sebagai akibat dari
buruknya sistem pendidikan saat ini. Ditambah dengan masih
minimnya perhatian guru terhadap pendidikan dan
perkembangan karakter peserta didik serta kemajuan teknologi
berkembang sangat pesat yang akan banyak berpengaruh
dengan pekembangan peserta didik.
ii
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui nilainilai akhlak dalam kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt, (2) Untuk
mengetahui nilai-nilai akhlak dalam kitab Ta'lῑm AlMuta'allim, (3) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai
pendidikan akhlak dengan pendidikan karakter dalam kitab AlAkhlᾱqu Li Al-Banᾱt dan Ta'lῑm Al-Muta'allim.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kajian pustaka (library research). Sumber data yang
dibutuhkan adalah kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt dan kitab Ta'lῑm
Al-Muta'allim sebagai sumber data primer dan data-data yang
berhubungan dengan akhlak sebagai sumber data sekunder.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah literer. Sedangkan dalam menganalisis data yang
digunakan adalah analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai
pendidikan yang terdapat dalam kitab Al-Akhlᾱqu Li Al-Banᾱt
yaitu (1)Nilai pendidikan terhadap Allah (2) Nilai pendidikan
terhadap Nabi (3)Amanah (4)Birrul walidain (5)Sopan santun
(6)Toleransi (7)Dermawan (8)Rendah Hati. Nilai-nilai yang
terdapat dalam kitab Ta'lῑm Al-Muta'allim yaitu (1)Nilai
pendidikan terhadap Allah (2)Nilai pendidikan terhadap
Rosulullah (3)Nilai pendidikan kepada sesama makhluk.
Terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak dan
pendidikan karakter religius dalam kitab Al-Akhlᾱqu Li AlBanᾱt dan Ta'lῑm Al-Muta'allim, yaitu: (1)Nilai pendidikan
pada Allah (2)Nilai pendidikan pada Rosulullah (3)Nilai
pendidikan pada sesama makhluk (4)Amanah (5)Sabar
(6)Tabah (7)Tawakkal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2021 06:24
Last Modified: 23 Jun 2021 06:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15878

Actions (login required)

View Item View Item