Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi Nussa Dan Rarra

Nurhayati, Dewi (2021) Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi Nussa Dan Rarra. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210616097 DEWI NURHAYATI.pdf

Download (928kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurhayati, Dewi. 2021. “Pendidikan Karakter dalam Film Animasi Nussa dan Rarra. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Nurul Khasanah, M.Pd.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Film Animasi Nussa dan Rarra

Di era modern seperti ini dapat digambarkan bahwa kehidupan manusia semakin dinamis dan kompleks disebabkan oleh munculnya penemuan-penemuan baru dibidang teknologi, salah satunya adalah film animasi Nussa dan Rarra. Di satu sisi orang tua menginginkan anaknya mendapatkan tayangan atau konten yang positif dan juga dapat membentuk akhlak anak jadi baik. Namun, disisi lain orang tua juga resah dengan tayangan atau konten yang tidak sesuai dengan umur ataupun yang kurang mendidik. Untuk itu orang tua membutuhkan media alternatif pembelajaran untuk mewujudkan generasi penerus bangsa dengan karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter dalam film animasi Nussa dan Rarra. Dalam penelitian ini penulis beragumen bahwa film animasi Nussa mengonstruksi pendidikan karakter melalui cerita atau skenario dan visual atau adegan dalam film.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan film animasi Nussa sebagai sumber data primer dalam penelitian. Data sekunder didapatkan dari jurnal, buku dan juga video. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik penggunaan dokumentasi dengan cara pengamatan film. Untuk memeriksa keabsahan data, penulis menggunakan teknik triangulasi dengan sumber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi (content analysis).

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat 8 nilai pendidikan karakter dalam episode yang diambil dari film animasi Nussa dan Rarra, yaitu nilai karakter religius, menghargai prestasi, rasa ingin tahu, peduli sosial, bersahabat/komunikatif, kreatif, disiplin, dan tanggung jawab. Sedangkan pendidikan karakter dalam film animasi Nussa dan Rarra adalah sebagai berikut, Pertama, karakter baik kepada Allah SWT, meliputi membaca Basmallah sebelum melakukan suatu pekerjaan atau perbuatan, menyadari dan meyakini bahwa Allah yang menciptakan alam semesta ini, ikhlas dalam beramal, berdoa dengan penuh harapan, dzikrullah (mengingat Allah) dimanapun dan kapanpun bersyukur atas apa yang telah Allah berikan. Kedua, karakter baik kepada diri sendiri, yang meliputi jujur/benar dalam kehidupan, sabar menghadapi cobaan, berani dalam kebaikan, bertanggung jawab, kerja keras bila menginginkan sesuatu. Ketiga, karakter baik kepada keluarga, meliputi bertutur kata yang lemah lembut dan santun kepada keluarga, saling mendoakan dalam kebaikan, berbakti kepada orang tua. Keempat, karakter baik kepada orang lain, meliputi bersikap ramah tamah, misalnya tersenyum kepada sesama muslim, menolong teman, membantu orang lain yang kesusahan tidak perlu menunggu mendapatkan balasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurul Khasanah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:02
Last Modified: 23 Jun 2021 04:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15874

Actions (login required)

View Item View Item