Upaya Guru Mata Pelajaran IPS Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pendidikan Karakter Di MTsN 6 Ponorogo

Anggraini, Della (2021) Upaya Guru Mata Pelajaran IPS Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pendidikan Karakter Di MTsN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417047_Della Anggraini_Tadris IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Anggraini, Della. 2021. Upaya Guru Mata Pelajaran IPS Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pendidikan Karakter di MTsN 6 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Ponorogo. Pembimbing, Moh Widda Djuhan, M.Si.
Kata Kunci: kedisiplinan, Pendidikan Karakter
Salah satu karakter yang memiliki peran penting yaitu disiplin. Kedisiplinan pada dasarnya adalah sikap patuh terhadap aturan yang berlaku baik dirumah, sekolah ataupun di masyarakat. Sehingga dikatakan disiplin adalah proses bimbingan yang bertujuan menanamkan pola tertentu, kebiasaan-kebiasaan tertentu atau membentuk manusia dengan ciri-ciri tertentu yang meningkatkan kualitas moral dan mental.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui upaya yang dilakukan guru mata pelajaran IPS dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui pendidikan karakter di MTsN 6 Ponorogo, (2) mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 6 Ponorogo.
Jenis penelitian ini menggunakan pemdekatan kualitatif, dimana pendekatan kualitatif lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan dan fenomena yang di amati, dengan menggunakan logika ilmiah. Kemudian jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Pemilihan lokasi didasari oleh pengamatan pada magang 1.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada beberapa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa antara lain : adanya program pendidikan karakter, menetapkan peraturan sekolah dan kelas, melibatkan orang tua siswa (2) faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa antara lain: faktor pendukung antara lain : Inisiatif yang sama, adanya Paguyuban antar wali siswa, koordinasi dari berbagai pihak, adanya evaluasi, pemberian teladan, dan sarana dan prasarana penunjang. Selain fatkor pendukung ada juga faktor penghambat, faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa adalah : lingkungan yang berbeda-beda, orang tua yang kurang peduli terhadap anak, dan ekonomi dan IQ yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2021 02:55
Last Modified: 23 Jun 2021 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15872

Actions (login required)

View Item View Item