..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, DAN TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik di SMP Negeri 4 Poonorogo

Ussauqon, Davi (2021) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, DAN TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik di SMP Negeri 4 Poonorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_211215035_DAVI' USSAUQON.doc

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ussauqon, Davi’. 2020. Penerapan sistem informasi manajemen sebagai upaya peningkatan kinerja tenaga pendidik di SMP Negeri 4 Ponrogo. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Ulum, M.Ag.

Peran guru dan staf sekolah dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Melihat begitu pentingnya peran guru dalam proses pendidikan dan sekaligus sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan proses pendidikan di sekolah, guru dituntut untuk memiliki etos kerja dan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas di sekolah, Namun ditengah banyaknya tuntutan terhadap profesi guru dan staf, karena hal ini perlu adanya perangkat elektronik yang diperlukan sebagai penunjang meningkatnya kinerja tenaga pendidik dan kependidikan. Salah satunya yakni diterapkanya sistem informasi pendidikan berupa absen menggunakan kartu.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan peran penerapan sistem informasi manajemen yang memotivasi para tenaga pendidik dalam menjalankan pekerjaannya, (2) lalu mengetahui hambatan serta faktor prndukung dalam penerapan sistem informasi pendidikan (3) serta menemukan suatu jawaban atas seberapa efisien penerapan sistem informasi manajemen untuk meningkatkan kinerja tenaga pendidik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara dan serta observasi agar bisa menjelaskan bagaimana sistematika penerapan sistem informasi manajemen sehingga penerapan ini dapat berpengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik.. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik, kepala sekolah dan operator yang bertugas di SMP Negeri 4 Ponorogo.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan strategi sistem informasi pendidikan ini merupakan suatu wujud konkrit usaha guna menciptakan kebiasaan disiplin tepat waktu sebagai bekal untuk hidup disiplin. Maka dari itu dasar ini yang melatarbelakangi penerapan sistem informasi pendidikan. (2) faktor pendukung dari penerapan sistem informasi pendidikan ini ialah sikap kepala sekolah dengan menyediakan peralatan serta sistem informasi itu sendiri. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan sistem informasi pendidikan ini ialah alat ini belum familiar dikalangan guru dan staf yang sudah berumur. (3) upaya kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 4 Ponnorogo. Dengan adanya sistem informasi pendidikan menunjang guru dalam mengelola program pendidikan serta membantu guru dalam menafsirkan hasil pembelajaran.
Kata kunci: Kualitatif, Sistem Informasi Manajemen, Kinerja . prestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2021 01:16
Last Modified: 23 Jun 2021 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15871

Actions (login required)

View Item View Item