Peran Organisasi Pasukan Penegak Disiplin Madrasah Dalam Membentuk Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab (Studi Kasus di MIN 7 Ponorgo)

Saputra, Robieth Hadi (2021) Peran Organisasi Pasukan Penegak Disiplin Madrasah Dalam Membentuk Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab (Studi Kasus di MIN 7 Ponorgo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616109_Robieth Hadi S_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Saputra, Robieth Hadi:2021. PeranOrganisasi “Pasukan Penegak Disiplin Madrasah” Dalam Membentuk Sikap Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus di MIN 7 Ponorogo).Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keeguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: M. Fathurohman M.Pd.I

Kata Kunci: Disiplin, Tanggungjawab, Organisasi,

Kegiatan organisasi di sekolah merupakan serangkaian kegiatan siswa di luar jam pelajaran. Kegiatan organisasi dapat mewadahi siswa tetap berada di lingkungan aktif sekolah dan siswa dapat mengasah kemampuannya walau di luar jam pembelajaran sehingga mencegah siswa melakukan tindakan yang menuju pada hal-hal yang negatif.Setelah peneliti mengamati kegiatan yang ada di MIN 7 Ponorogo, peneliti mendapatkan data di lapangan bahwasanya di sekolah tersebut memiliki organisasi. Adapun organisasi tersebut memiliki fungsi sebagai penegak kedisiplinan para siswa di MIN 7 Ponorogo. Selain itu dalam organisasi tersebut juga sebagai pembentukan tanggungjawab bagi para pengurus tersebut yang diberi amanat oleh madrasah.
Berdasarkan latar belakang, maka penulis merumuskan berbagai permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimana pembentukan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa kls VI melalui organisasi intra sekolah PPDM di MIN 7 Ponorogo?, 2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembentukan sikap disiplin dan tanggung jawab yang dilakukan Organisasi intra sekolah PPDM MIN 7 Ponorogo?, 3)Bagaimana hasil pembentukan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa kelas VI melalui Organisasi Intra Sekolah PPDM di MIN 7 Ponorogo?,Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif
Dari analisis data ditemukan: 1) Peran Organisasi Pasukan Penegak Disiplin Madrasah dalam Membentuk Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus di MIN 7 Ponorogo) dapat dilakukan dengan membentuk keorganisasian yang mana dalam organisasi tersebut ada beberapa program kerja yang dapat membuat para siswa dapat memiliki sikap disiplin dan tanggungjawab dalam menjalankan program kerja organisasi. Adapun bentuk organisasinya adalah Pasukan Penegak Kedisiplinan Madrasah. Bentuk program kerja yang membuat para siswa disiplin dan tanggungjawab adalah Mengatur pelaksanaan shalat jamaah, serta kegiatan lainnya. 2) Faktor pendukung dalam pembentukan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam pelaksanaan program kerja yang dilakukan oleh pengurus Organisasi intra sekolah PPDM MIN 7 Ponorogo antara lain: Adanya peraturan dan tata tertib di madrasah, Adanya pengawasan dari bapak dan ibu guru, Adapun faktor penghambatnya adalah Para siswa kurang memahami tata tertib yang mana harus dipatuhi mengakibatkan para siswa banyak yang belum mematuhinya, kurangnya dukungan dari para orang tua, sebab sebagian dari wali murid bekerja diluar negeri, 3) Hasil Pembentukan Sikap Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas VI Melalui Organisasi Intra Sekolah PPDM di MIN 7 Ponorogo. Upaya madrasah dalam membentuk sikap disiplin dan tanggungjawab siswa melalui organisasi PPDM di MIN 7 Ponorogo merupakan hal yang positif yang perlu diajarkan di sekolah lainnya. Karena setelah adanya organisasi ini para siswa menjadi tahu bagaimana memanajemen konflik (tanggungjawab) dan memanajemen waktu (disiplin).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2021 01:13
Last Modified: 23 Jun 2021 01:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15869

Actions (login required)

View Item View Item