MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK BABUSSALAM PACITAN

KHOTIMAH, HUSNUL (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK BABUSSALAM PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211217064_Husnul_Khotimah_MPI[1].pdf

Download (943kB) | Preview

Abstract

Mutu pembelajaran yang bagus adalah salah satu tujuan setiap lembaga karena dapat menarik pelanggan dengan sendirinya, untuk menghasilkan mutu yang baik tergantung campur tangan atau kerjasama antara Kepala Sekolah, Guru, dan Staf-Staf lembaga. Begitu juga mutu pembelajaran yang di miliki SMK Babussalam Pacitan sudah ada kemajuan di setiap tahunnya karena kerjasama antar Kepala Sekolah dan bawahanya. Dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Babussalam Pacitan, Kepala Sekolah menerapkan Pendidikan karakter karena karakter bukan hanya penting di lingkup lembaga tetapi juga pentng di lingkungan masyarakat.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Babussalam Pacitan? (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Babussalam Pacitan? (3) Bagaimana evaluasi pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Babussalam Pacitan?
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif,dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. Yang berupa metode pengumpulan data yang terdiri dari metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data, penulis menggunakan data reduksi data, penyajian data, dan data kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber.
Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) perencanaan pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Babussalam Pacitan yaitu kepala sekolah mengadakan rapat seluruh pegawai sekolah untuk membahas penerapan pendidikan karakter di sekolah tersebut. Dalam hasil rapat yang dilakukan, kepala sekolah berharap bisa menerapkannya dengan baik. (2) pelaksanaan pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Babussalam Pacitan telah dilakukan kepala sekolah dan juga guru-guru memalui berbgai cara yang di antaranya memberikan contoh karakter yang baik di setiap hari dan juga menanamkan pemelajaran kitab kining di mata pelajaran. (3) evaluasi pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu dengan cara mengadakan uji kompetensi, pengikut sertakan lomba dan juga dengan cara memperhatikan siswa di luar sekolah apakah pendidikan karakter yang di berikan di laksanakan atau tidak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUKHIBAT
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:51
Last Modified: 22 Jun 2021 07:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15865

Actions (login required)

View Item View Item