PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PRODUKSI DENGAN BANTUAN METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEMAMPUAN ANALITIS SISWA DI MTsN 6 PONOROGO PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Jati, Alya Kesumaning (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PRODUKSI DENGAN BANTUAN METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEMAMPUAN ANALITIS SISWA DI MTsN 6 PONOROGO PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi 211316031 Alya Kesumaning Jati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Jati, Alya Kesumaning. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Produksi dengan bantuan Metode Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Analitis Siswa MTsN 6 Ponorogo pada Materi “Sistem Ekskresi”. Pembimbing Dr. Wirawan Fadly, M.Pd.

Kata kunci: Kemampuan Analisis, Produksi, Pictorial Riddle, Sistem Ekskresi

Di era sekarang ini, pendidikan di Indonesia semakin berkembang mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju dan permasalahan yang semakin komplit. Maka dari itu, setiap orang dituntut untuk dapat menyelesaikan permasalahan sendiri maupun kelompok dengan cara menganalisis masalah terlebih dahulu agar mendapatkan solusi yang tepat. Untuk itu, pendidikan sebagai salah satu tempat untuk melatih dan mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir analitis. Kemampuan berpikir analitis merupakan kemampuan untuk membagi dan menguraikan suatu pengetahuan atau masalah menjadi bagian yang penting dan tidak penting dan tidak penting dan mencari hubungan dari komponen-komponen pengetahuan. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembeajaran produksi berbantuan metode pictorial riddle, karena metode pembelajan yang berbasis projek yang disertai dengan media yang dibutuhkan siswa dapat mulai untuk membiasakan diri untuk menyelesaikan setiap problem dalam kehidupan nyata yang juga perlu latian secara terus menerus. Model pembelajaran produksi adalah kegiatan pembelajaran berbasis proyek yang dibuat dengan memperhatikan berbagai macam keterampilan. Metode pembelajaran pictorial riddle adalah metode pembelajaran berbasis gambar untuk mengembangkan motivasi serta perhatian siswa dalam proses diskusi.
Tujuan penelitian ini adalah a) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran produksi berbantuan metode pembelajaran pictorial riddle pada siswa di MTsN 6 Ponorogo pada materi sistem ekskresi; b) Mengetahui aktivitas siswa kelas VIII di MTsN 6 Ponorogo selama pembelajaran dengan model produksi berbantuan metode pictorial riddle; c) Mengetahui pengaruh model pembelajaran produksi berbantuan metode pictorial riddle terhadap kemampuan analisis siswa di MTsN 6 Ponorogo pada materi sistem ekskresi.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Ponorogo yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII A dan VIII B di MTs Negeri 6 Ponorogo yang masing-masing kelas terdapat 21 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes pilihan ganda dan lembar keterlaksanaan pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif, desriptif kualitatif dan statistik inferensial.
Berdasarkan analisa data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa a) Keterlaksanaan model pembelajaran Produksi dengan bantuan model pembelajaran pictorial riddle terlaksana dengan baik sesuai dengan tahapan-tahapan; b) Aktivitas siswa berjalan dengan baik sesuai dengan intruksi guru dan sesuai dengan tahapan pembelajaran model produksi dan pictoriai riddle; c) terdapat signifikansi perbedaan keterampilan analitis siswa dikelas eksperimen dan konrol. Keterampilan analitis siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 82,14 sedangkan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 72,38. Keterampilan analitis siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada pada kelas kontrol. Berdasarkan uji t test one tailed yang dilakukan maka diperoleh nilai sebesar 4,18631. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, model pembelajaran PRODUKSI berbantuan metode pembelajaran Pictorial Riddle dapat menjadi rekomendasi untuk mengembangkan kemampuan analitis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2021 06:19
Last Modified: 22 Jun 2021 06:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15861

Actions (login required)

View Item View Item