Pengembangan Modul IPS Terpadu Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Manusia, Tempat, dan Lingkungan di MTs Al-Kholily Ma'unah Sari

Faridatunnadiroh, Isna (2021) Pengembangan Modul IPS Terpadu Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Manusia, Tempat, dan Lingkungan di MTs Al-Kholily Ma'unah Sari. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417054_ISNA FARIDATUNNADIROH_TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Faridatunnadiroh, Isna. 2021. Pengembangan Modul IPS Terpadu Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Manusia, Tempat, dan Lingkungan di MTs Al-Kholily Ma’unah Sari. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul IPS Terpad, Integrasi nilai keislaman.
MTs Al-Kholily Ma’unah Sari merupakan salah satu lembaga Madrasah Tsanawiyah di Ponorogo yang berdiri di lingkup pondok pesantren berbasis pesantren salafiyah. Keterlaksanaan pembelajaran IPS Terpadu di Madrasah Tsanawiyah ini tetap diperhatikan sebagaimana SMP atau Madrasah Tsanawiyah lainnya. Namun, minat peserta didik terhadap pembelajaran IPS Terpadu di Madrasah ini tergolong rendah, dibuktikan dengan 60% dari hasil belajar IPS Terpadu peserta didik hanya setara dengan nilai KKM. Faktor penyebab rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Terpadu adalah karena kurangnya pemahaman peserta didik terhadap urgensi pembelajaran IPS Terpadu. Dengan adanya pengembangan modul IPS Terpadu terintegrasi nilai keislaman pada materi manusia, tempat, dan lingkungan ini diharapkan mampu meningkatkan minat peserta didik untuk mempelajari mata pelajaran IPS Terpadu.
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di MTs Al-Kholily Ma’unah Sari pada tahun ajaran 2020/2021. Tujuan dilaksanakannya penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui validitas dan kelayakan Modul IPS Terpadu terintegrasi nilai keislaman pada materi manusia, tempat, dan lingkungan di MTs Al-Kholily Ma’unah Sari yang tengah dikembangkan
Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall dan telah dimodifikasi dengan disederhanakan hanya menjadi enam langkah. Enam langkah tersebut yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan/pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) produk final.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, obesrvasi, wawancara dan angket. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji CVR Indeks.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan modul IPS Terpadu terintegrasi nilai keislaman pada materi manusia, tempat, dan lingkungan di MTs Al-Kholily Ma’unah Sari valid dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi validator 1 jumlah skor 172 dengan persentase 92,97% dan rata-rata skor sebesar 4,6 dengan kualifikasi “Sangat Valid”. Pada validasi ahli materi validator 2 menunjukkan hasil jumlah skor 164 dengan persentase 88,64% dan rata-rata skor sebesar 4,4 dengan kualifikasi “Sangat Valid” .Hasil validasi ahli media menunjukkan hasil jumlah skor 99 dengan persentase 70,71% dan rata-rata skor sebesar 3,5 dengan kualifikasi “Valid”. Modul ini juga dinyatakan layak dibuktikan dengan hasil uji coba kelayakan oleh peserta didik menunjukkan persentase 86,7% dengan kulifikasi “sangat layak”. Dapat disimpulkan bahwa modul IPS Terpadu terintegrasi nilai keislaman ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:20
Last Modified: 22 Jun 2021 04:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15860

Actions (login required)

View Item View Item